21 September 2022, 20:08 WIB

Program-Program Pendidikan Jokowi Berdampak Positif Sangat Besar


Widhoroso |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah banyak membantu masyarakat mengenyam pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diluncurkan berhasil membawa dampak positif signifikan.

Asisten Administrasi Umum Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Muh Jamil Barambang menilai penyaluran merata menjadikan manfaat yang dihadirkan dari adanya KIP menjadi lebih maksimal dirasakan. Jamil menyampaikan hingga priode kedua, Pemerintahan Jokowi telah berhasil menyalurkan KIP terhadap masyarakat yang membutuhkan. Tentunya teruntuk mereka yang termasuk ke dalam ketegori ekonomi lemah.

Dia menyebut kehadiran KIP menjadi sebuah sinar harapan bagi masyarakat miskin. Membuat setiap masyarakat memiki kesempatan yang sama dalam mengenyam pendidika di Tanah Air.

"Karena KIP ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah, keberpihakkan pemerintah terhadap mahasiswa-mahasiswa yang punya kompetensi akademik baik tapi punya keterbatasan ekonomi," terang Jamil dikutip dari akun You Tube Universitas Sulawesi Barat.

Di samping itu, Jamil menambahkan, keberadaan KIP merupakan sebuah bentuk kepedulian nyata Jokowi terhadap kondisi masyarakat di pelosok desa. Sebab lewat KIP kehadiran negara begitu terasa bagi  warga desa.

Utamanya, tambah dia, untuk mencukupi capaian target pada sektor pendidikan dengan wajib belajar hingga 12 tahun. Bahkan turut membantu generasi muda dalam impian ingin melanjutkan pendidikan hingga ke Perguruan Tinggi (PT). “Jangan sampai dia terhambat pendidikannya, tidak mampu mengakses pendidikan tinggi karena persoalan ekomomi,” tandas Jamil. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT