17 September 2022, 13:50 WIB

3 Siklon Tropis Terpantau di Samudra Pasifik, Ini Dampak ke Indonesia


Naufal Zuhdi |

SAAT ini, terpantau tiga siklon tropis di wilayah Samudra Pasifik Barat, yaitu Siklon Tropis Muifa, Siklon Tropis Nanmadol dan Siklon Tropis Merbok.

Prakirawan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Hasmororini mengatakan bahwa di Indonesia, keberadaan tiga sistem siklon tropis tersebut memberikan dampak secara tidak langsung terhadap kondisi cuaca.

"Di mana kondisi cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia bagian Selatan dan Barat cenderung cerah berawan," ujarnya, Jumat (17/9).

Baca juga: Karakteristik Musim Hujan 2022 di Atas Normal, BMKG: Masyarakat Waspada

Lebih lanjut, dia menjelaskan yang menjadi penyebab cuaca cer ah berawan ialah kurangnya pasokan air untuk proses pertumbuhan awan hujan.

"Salah satu yang menjadi penyebab, kurangnya pasokan air yang diperlukan untuk proses pertumbuhan awan hujan. Sebagian besar uap air tertarik ke ketiga sistem siklon tropis tersebut," imbuh Hasmororini.

Namun di sisi lain, ada dampak tidak langsung lain yang dirasakan, yaitu hembusan angin dengan kecepatan hingga 37 km per jam. Serta, gelombang laut dengan ketinggian lebih dari 3 meter di perairan sebelah selatan Lampung, Jawa, hingga Nusa Tenggara Barat.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT