16 September 2022, 16:21 WIB

As-Syifa Boarding School Peroleh Peringkat 79 Nilai UTBK Tertinggi


Mediaindonesia.com |

SMAIT As-Syifa Boarding School menjadi salah satu sekolah Islam terbaik dalam pemerolehan nilai UTBK pada 2022. Menurut data Top 1.000 Sekolah yang diterbitkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), As-Syifa menduduki peringkat ke-79 peraih nilai UTBK tertinggi nasional dan peringkat ke-9 tertinggi Provinsi Jawa Barat. 

Ketua Umum Yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah KH. Abdullah, S.Pd.I, M.Sc. mengatakan torehan prestasi yang tidak serta merta bagi As-syifa karena ada proses panjang di balik upaya peningkatan daya serap lulusan ke perguruan tinggi tersebut. Kurikulum khusus penyiapan studi lanjut telah diintegrasikan dalam kegiatan-kegiatan akademik sekolah pada semua level pendidikan siswa. "Program-program pengayaan yang berorientasi pada seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri bahkan juga telah kami berikan kepada siswa kelas-kelas awal," tambahnya dalam keterangan tertulis, Jumat (16/9).

Membiasakan para siswa dengan pembelajaran dan latihan soal-soal HOTS ala UTBK memang bukan tanpa tantangan. As-Syifa memilih memulainya dengan merancang dan membina budaya pembelajar yang kental hingga terbentuk pembiasaan belajar yang kondusif. Seluruh siswa aktif mengikuti program belajar malam secara rutin. Terdapat juga bimbingan belajar prestasi dan kelompok-kelompok belajar dengan tutor sebaya.

Selain pembinaan kultur belajar, manajemen waktu menjadi salah satu pembiasaan positif di As-Syifa. Para siswa memang dikenal memiliki agenda kegiatan harian yang padat. "Selain mengikuti pembelajaran formal dan kegiatan organisasi, setiap siswa tetap berkomitmen dengan kelas-kelas Al-Qur'an. Menjadi pelajar sekaligus penghafal Al-Qur'an menjadi salah satu karakteristik unggul setiap siswa," ucap Ustaz H. Gozali, Lc., M.Pd, General Manager Divisi Pendidikan & Pondok Pesantren As-Syifa Al-Khoeriyyah. 

Segenap civitas meyakini bahwa dengan semakin intens berinteraksi dengan Al-Qur'an, kinerja dalam belajar justru akan semakin meningkat. Tidak sedikit dari para bintang pelajar di As-Syifa juga meraih titel Al-Hafiz dan Al-Hafizah ketika menempuh pendidikan di As-Syifa. 

Perjalanan As-Syifa memberi sumbangsih dalam penyiapan manusia unggul secara intelektual sembari menjunjung akhlak Qur'ani memang tidak mudah. Dalam menghadapi karakteristik siswa yang beragam serta keunikan permasalahannya, As-Syifa menyiapkan serangkaian program pendampingan nonakademik (keasramaan dan pembinaan pribadi Islam) yang lebih berkesan humanis dengan mengedepankan pengenalan terhadap diri dan life-skill. Proses pembinaan dan pendampingan siswa dengan sistem pendukung yang memadai memungkinkan para siswa untuk bisa kembali menemukan ritme dan fokus belajar.

Selain itu, untuk menunjang para siswa dalam pemilihan karier seperti pemilihan jurusan perguruan tinggi, khususnya pada siswa kelas akhir, As-Syifa menyiapkan para tenaga pendidiknya untuk bisa memberikan lebih dari sekadar penyuluhan karier dengan melihat potensi setiap siswa. Bimbingan karier di As-Syifa menyinergikan antara data dan cara pandang guru-guru penyuluh (konseling), para wali kelas, hingga guru Al-Qur'an dan guru asrama demi meningkatkan literasi karier para siswa. Khusus dalam pemilihan karier, As-Syifa pun menyadari pentingnya peran orangtua. Komunikasi pihak sekolah dengan orangtua terjalin dengan baik terutama dalam fase ini.      

Keterkaitan antara budaya belajar, pembiasaan-pembiasaan positif, pembinaan pribadi, dan pendampingan perkembangan siswa memberikan corak khas sistem pendidikan di As-Syifa yang terbukti mengantarkan siswa-siswanya menuju gerbang perguruan tinggi terbaik. Menyongsong tahun ajaran depan, As-Syifa Boarding School mulai 1 September-26 November 2022 membuka penerimaan murid baru untuk tahun ajaran 2022-2023. Satuan pendidikan yang dibuka ialah SMP dan MTS serta SMA dan MA. Selain itu dibuka jalur inden untuk murid kelas IV dan V SD. (OL-14)

BERITA TERKAIT