02 September 2022, 20:25 WIB

Nama Fase Bulan dan Penjelasannya


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

PERUBAHAN penampilan Bulan dari waktu ke waktu disebut fase Bulan. Perubahan tersebut terjadi berdasarkan posisi Bulan di orbitnya terhadap Bumi dan posisi Bumi pada orbitnya terhadap Matahari.

Posisi tersebut membuat Bulan mengalami empat fase utama bersama dengan empat fase tambahan. Fase-fase tersebut ialah bulan baru, kuartal pertama, bulan purnama, dan kuartal ketiga sebagai empat fase utama Bulan. Kemudian ada bulan sabit awal, cembung awal, cembung akhir, dan bulan sabit akhir sebagai empat fase tambahan Bulan.

1. Bulan baru 

Bulan akan terlihat gelap sekali pada fase ini. Fase bulan baru atau new moon terjadi ketika Bulan berada di antara Bumi dan Matahari. Bagian Bulan yang menghadap ke Bumi tidak mendapatkan cahaya Matahari sama sekali dan hanya mendapat cahaya dari Bumi.

2. Bulan sabit awal

Bulan sabit awal disebut juga dengan waxing crescent. Bulan sabit awal ditandai dengan bagian bulan yang sangat kecil bersinar dari sisi kanan. Bulan mulai bergerak mengelilingi Bumi. Itulah penyebab mulai tampak sedikit cahaya Matahari.

3. Kuartal pertama

Pada fase ini, setengah bagian sisi kanan Bulan mulai terlihat bersinar. Fase ini disebut kuartal pertama karena posisi ini seperempat jalan sejak bulan baru.

4. Cembung awal

Cembung awal dikenal juga sebagai waxing gibbous. Hampir seluruh bagian Bulan bersinar dan hanya sebagian kecil permukaan sebelah kiri yang gelap. Semakin banyak bagian Bulan yang mendapat cahaya Matahari.

5. Bulan purnama

Fase bulan purnama terjadi ketika Bulan 180 derajat dari Matahari. Karena orbit Bulan tidak selalu lurus dengan Bumi dan Matahari, kita masih bisa melihat Bulan. Saat orbit Bulan berada tepat satu garis lurus dengan Bumi dan Matahari, fenomena gerhana bulan sedang terjadi.

6. Cembung akhir

Kebalikan dari cembung awal, pada fase ini Bulan tampak terbalik dari fase-fase sebelumnya. Sebagian besar permukaan kiri Bulan yang bersinar pada fase ini. Hanya sebagian kecil bagian kanan Bulan yang gelap.

7. Kuartal ketiga

Pada fase ini, bagian setengah dari Bulan di bagian kiri akan tampak bersinar.

8. Bulan sabit akhir

Bulan sabit akhir disebut juga dengan waning crescent. Hanya sebagian kecil Bulan di bagian sebelah kiri yang akan terlihat oleh mata manusia. Setelah melalui delapan fase bulan tersebut, Bulan akan mengulang kembali dari fase yang paling awal yaitu bulan baru. (OL-14)

BERITA TERKAIT