30 August 2022, 23:13 WIB

Bio Farma Bidik 3 Kandidat Produsen Vaksin Cacar Monyet


M. Iqbal Al Machmudi |

DIREKTUR Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengungkapkan bahwa kandidat vaksin untuk cacar monyet (monkeypox), yaitu Ivamune dari Bavarian Nordic Denmark, SVRG Kaketsuken Japan dan Sanofi Pasteur yang berpusat di Prancis. 

Adapun vaksin yang ditawarkan ialah virus monkeypox yang dilemahkan. "Vaksin memiliki indikasi yang berbeda, seperti Bavarian Nordic, untuk di atas 18 tahun. Lalu, Sanofi Pasteur di atas 8 tahun," ujar Honesti dalam rapat kerja dengan DPR RI, Selasa (30/8). 

Baca juga: Satgas: Pemeriksaan Sifilis Bisa Dilakukan pada Suspect Monkeypox

Sementara itu, SVRG Kaketsuken Japan belum diketahui. Adapun Bio Farma memiliki vaksin varicella/chickenpox, karena penyakit tersebut memiliki karakteristik yang sama dengan monkeypox. 

Diketahui, Vaksin Chickenpox yang dimiliki Bio Farma sekitar 27.458 vial, dengan komposisi dosis 0,5 ml. "Cara pemberian maksimal digunakan dalam waktu 30 menit setelah dilarutkan. Lalu, 0,5 ml disuntikkan secara subkutan pada otot deltoid lengan atas," imbuhnya.

Baca juga: 37 Orang Diperiksa Terkait Monkeypox, Mayoritas Negatif

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan sudah mendatangkan 2 ribu dosis vaksin Bavarian Nordic dari Denmark, sebagai langkah antisipasi jika terjadi outbreak kasus cacar monyet di tengah masyarakat.

Vaksin tersebut sudah digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Adapun pemberian vaksin diutamakan untuk post exposure prophylaxis (PEP) atau pasien yang sudah terpapar monkeypox.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT