30 August 2022, 14:53 WIB

Satgas: Pemeriksaan Sifilis Bisa Dilakukan pada Suspect Monkeypox


M. Iqbal Al Machmudi |

DALAM pemeriksaan orang dengan suspect cacar monyet (monkeypox) kemungkinan juga dilakukan pemeriksaan sifilis. Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Monkeypox PB IDI Hanny Nilasari.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap pasien dengan suspect monkeypox. "Apabila saat wawancara mendalam, ternyata ada kecurigaan ke arah sifilis, tentu kita lakukan pemeriksaan lab," papar Hanny, Selasa (30/8).

Baca juga: 37 Orang Diperiksa Terkait Monkeypox, Mayoritas Negatif 

Pada dasarnya, lanjut dia, penyakit sifilis sangat sulit hanya didiagnosis secara klinis. Adapun bantuan serologi dinilai sangat diperlukan. Sehingga, ada kemungkinan pada kasus suspect monkeypox juga mencakup pemeriksaan sifilis.

Adapun pemeriksaan awal terhadap pasien dengan gejala monkeypox ialah wawancara mendalam. Sebab, dapat diketahui riwayat perjalanan dan gejala klinis. "PB IDI mempunyai pekerjaan besar untuk mengelaborasi para dokter agar aware pada gejala klinis monkeypox," imbuhnya.

Baca juga: PB IDI Keluarkan SK untuk Satgas Cacar Monyet

Menurunt Hanny, manifestasi gejala klinis di kulit tergolong ringan. Bisa saja berada di tempat tersembunyi, sehingga tidak dapat teridentifikasi oleh pasien sendiri.

"Tetapi, ketika perhatian khsusus pada orang yang melakukan kontak seksual yang erat sangat intens, di area yang bisa muncul gejala klinis di area sekitar vagina dan anus, itu terjadi saat kontak erat kulit dengan kulit dalam waktu lama," jelas Hanny.(OL-11)


 

BERITA TERKAIT