19 August 2022, 21:33 WIB

Politeknik APP Jakarta Targetkan 65% Mahasiswanya Bekerja sebelum Wisuda


Mediaindonesia.com |

POLITEKNIK APP Jakarta menargetkan 65% mahasiswanya sudah bekerja sebelum wisuda. Kemudian 80% dari seluruh mahasiswa memperoleh pekerjaan setelah tiga bulan dari wisuda. 

Itu disampaikan Direktur Politeknik APP Jakarta Amrin Rapi, Jakarta, Jumat (19/8). "Kami menargetkan 100% mahasiswa yang wisuda memperoleh pekerjaan setelah enam bulan. Target ini sudah tercapai tahun lalu. Bahkan sekitar 50% mahasiswa kami diterima bekerja di perusahaan tempat mereka magang," ungkapnya.

Amrin menegaskan target itu juga akan dipasang pada tahun ini. Program studi yang diajarkan pihaknya yaitu manajemen logistik, manajemen pemasaran, dan perdagangan internasional. Pihaknya memiliki visi agar Politeknik APP Jakarta tumbuh berkembang dalam penyediaan sumber daya manusia untuk mendukung industri nasional. 

Sekadar informasi, Politeknik APP Jakarta berada di bawah Kementerian Perindutsrian. Mahasiswa yang kuliah di sana memperoleh subsidi dari negara. Karenanya, biaya SPP per semester mereka tergolong murah, hanya Rp3,85 juta pada tahun ini.

Pada Rabu (17/8) sampai dengan Jumat (19/8), APP melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 yang diikuti oleh 503 mahasiswa baru. Untuk pertama kali sejak 2019, kegiatan PKKMB dilaksanakan langsung secara tatap muka. Kegiatan PKKMB 2022 mengangkat tema Membentuk Generasi yang Berdaya Saing Global Menuju Digitalisasi Vokasi Industri. Seluruh rangkaian kegiatan mengikuti panduan PKKMB 2022 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Baca juga: Mempelajari Konsep dan Desain Alur Multimedia Interaktif

Pada hari pertama, kegiatan diawali dengan pelaksanaan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77. Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh seluruh sivitas akademika Politeknik APP Jakarta dengan dipimpin oleh Amrin. Acara kemudian diisi dengan kegiatan bela negara dan cinta Tanah Air yang diisi oleh Kapten Ifantri Yohanes Dominggus Antaribaba dan Kapten Infantri Ali Sarjito dari Rindam Jaya. Acara tersebut dilaksanakan sebagai bentuk upaya untuk menanamkan pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara, dan pencegahan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan penyebaran paham-paham yang bertentangan dengan idedologi negara. Selain itu, mahasiswa baru diperkenalkan dengan setiap program studi.

Pada hari kedua, para mahasiswa diperkenalkan lebih jauh dengan lingkungan dan layanan Politeknik APP Jakarta. Selain itu, para peserta mengikuti seminar industri 4.0 agar para mahasiswa baru memiliki pemahaman awal tentang tuntutan kebutuhan industri saat ini. Kemudian, pada hari terakhir pada peserta diberikan materi manajemen risiko di sekitar kampus oleh Kapolsek Jagakarsa Komisaris Wahid Key. Para mahasiswa diharapkan dapat menjaga diri sendiri dan orang lain dari bahaya yang ada di sekitar kampus. Pada hari ini juga mahasiswa dikenalkan dengan organisasi-organisasi mahasiswa yang ada di Politeknik APP Jakarta. Para mahasiswa baru tampak antusias untuk mendaftar di organisasi pilihannya masing-masing. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT