19 August 2022, 11:40 WIB

Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Bogor


Mediaindonesia.com |

SEBAGAI bentuk kontribusi nyata kepada masyarakat, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta (FPPsi UNJ) mengadakan rangkaian pengabdian masyarakat pada Juni-Juli 2022 di Desa Pasirtanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat. 

Rangkaian pengabdian masyarakat terbagi menjadi beberapa kegiatan yang dilakukan beberapa kelompok dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan seluruh unsur desa mulai dari karang taruna, PKK, hingga satuan pendidikan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di awali oleh kegiatan  psikoedukasi oleh Dr Lussy Dwi Utami, M.Pd yang bertujuan untuk membangun kesiapan psikologis prapernikahan bagi komunitas remaja di Desa Pasirtanjung. 

Selanjutnya, Rahmadianty Gazadinda, M.Sc mengadakan kegiatan implementasi pendidikan seksualitas sebagai upaya preventif dan proteksi diri pada siswa sekolah dasar. 

Kegiatan ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para siswa dan guru di sekolah. Pada hari yang sama kelompok yang diketuai oleh Irma Rosalinda Lubis, M.Si mengadakan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat  bagi siswa sekolah dasar desa pasirtanjung. 

Pengabdian masyarakat berikutnya dilaksanakan pada 27 Juni 2022 yang mengusung tema kegiatan Positive Parenting Untuk Meningkatkan Kesadaran Pengasuhan Anak Di Era Digital Pada Orangtua di Desa Pasirtanjung, Tanjungsari, Bogor. Selanjutnya pada 2 Juli 2022, rangkaian pengabdian masyarakat dilanjutkan oleh kelompok diketuai oleh Ibu Gita Irianda, M.Psi yang bertemakan Optimalisasi team building berbasis community development bagi pemuda karang taruna desa Pasirtanjung. 

"Kegiatan ini bentuk  sumbangsih nyata civitas akademika terhadap masyarakat sekitar," ujar Gita lewat keterangannya.

Kegiatan dilanjutkan pada 14 Juli 2022 oleh Dr. Iriani Indri Hapsari, M.Psi yang memiliki tema Psikoedukasi manajemen stres pengasuhan pada ibu di masa pandemi di Desa Pasirtanjung Kabupaten Bogor. 

Rangkaian kegiatan dilanjutkan pada 20 Juli 2022, oleh Fellianti Muzdalifah, M.Psi yang melaksanakan kegiatan psikoedukasi bagi guru dan siswa/i PAUD di desa Pasirtanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Bogor Jawa Barat. 

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ditutup pada  30 Juli 2022 dengan dua kegiatan yang masing-masing diketuai oleh Lupi Yudhaningrum, M.Psi, dan Erik, M.Si memiliki sasaran pelaku UMKM bertemakan Pengembangan Keterampilan Kewirausaahaan dan Peningkatan Keterampilan Teknologi Informasi Pada Pelaku Usaha di Desa Pasirtanjung.

Kegiatan ini diikuti oleh 43 pelaku UMKM. Seluruh kegiatan ini di dokumentasikan di bawah koordinasi tim Dr. Gumgum Gumelar, M.Si sebagai Wakil Dekan bidang akademik FPPsi UNJ dengan tujuan memperkenalkan potensi dan profil desa kepada khalayak luas melalui medium teknologi (media sosial). 

Salah satu peserta kegiatan, Syamsul menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. “Kegiatan ini membantu para pemuda karang taruna untuk semakin peduli terhadap desanya dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut  di tahun depan," tandas Syamsul.

 Rangkaian kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan ditutup langsung oleh Kepala Desa Pasirtanjung yaitu Abdul Haris Maswan. Abdul menyampaikan terima kasih atas program pengabdian masyarakat FPPsi yang dilaksanakan dan berharap program ini terus berlanjut dan memeberikan manfaat bagi masyarakat di wilayahnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT