17 August 2022, 16:19 WIB

Menparekraf: HUT RI Momentum Pulih dan Bangkit Lebih Kuat


Insi Nantika Jelita |

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno mengajak seluruh insan parekraf di Tanah Air untuk memaknai HUT ke-77 RI sebagai momentum bersama untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Apalagi, di tengah kondisi dan tantangan global.

“Menggapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan masa depan,” ujar Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (17/8).

Sudah lebih dari dua tahun pandemi covid-19 menghantam setiap lini kehidupan masyarakat. Saat ini, lanjut dia, dunia sedang dihadapkan dengan era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity). Serta, tantangan ancaman krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan. 

Baca juga: Inilah Inspirasi Jokowi Kenakan Pakaian Dolomani

Tidak kalah penting, tantangan ekonomi, seperti kenaikan harga bahan pokok dan sulitnya mencari pekerjaan. Angka pengangguran bahkan meningkat, termasuk di sektor parekraf, yang mengalami perubahan sangat dinamis.

"Namun dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi antara masyarakat, kita membuktikan ketahanan yang baik dan menjadikan krisis sebagai peluang untuk bangkit dan berkembang," imbuh Sandiaga.

Baca juga: Farrel 'Ambyarkan' Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Merdeka

Kemenparekraf akan menghadirkan program dan kebijakan yang tepat sasaran dan tepat manfaat, yang berorientasi pada pemulihan ekonomi. Di antaranya, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), serta Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif.

Selain itu, ada program untuk beradaptasi memasuki tatanan ekonomi baru, yang mengedepankan aspek digital dalam mengejar lapangan pekerjaan.

"Insyaallah pada 2022, kami menargetkan capaian 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas. Lalu, 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024," pungkasnya.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT