17 August 2022, 14:24 WIB

Targetkan Akreditasi Internasional, UKI Perkuat Kolaborasi dengan Dunia Industri


Faustinus Nua |

Universitas Kristen Indonesia (UKI) terus melakukan sejumlah terobosan untuk mencapai target mendapat akreditasi internasional. Salah satu yang dilakukan UKI adalah memperkuat kolaborasi dan kerja sama dengan dunia industri.

"Kolaborasi dengan sektor usaha atau industri diperlukan untuk melengkapi mahasiswa-mahasiswi UKI yang nantinya diharapkan masuk berkarya dalam dunia kerja," ujar Rektor UKI Dhaniswara K. Harjono dalam keterangannya, Rabu (17/8).

Terobosan yang dilakukan UKI sejalan dengan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). "Dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, UKI menyiapkan sarana-prasarana untuk mahasiswa magang dengan bersinergi dengan dunia industri," imbuhnya.

Selain itu, kerja sama juga dilakukan dengan kepala daerah di provinsi dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia. Begitu pula dengan sesama perguruan tinggi, UKI terus menjalin kerja sama untuk mendukung kemajuan pendidikan di Tanah Air.

"Bukan haya dengan perguruan tinggi yang sudah unggul, tapi dengan perguruan tinggi yang masih perlu dibina. Hal ini dilakukan untuk menuju akreditasi dengan level internasional," terang Rektor.

Lebih lanjut, Dhaniswara mengatakan bahwa seluruh terobosan dengan kolaborasi atau kerja sama ditentukan oleh kualitas SDM di UKI. Mulai dari mahasiswa, dosen hingga kepada prodi yang ada turut mendukung akreditasi UKI sampai pada level internasional. "UKI setelah mendapat akreditasi unggul, harus masuk ke tingkat internasional, dan memiliki dual degree, dan dilakukan juga kerja sama internasional, pertukaran mahasiswa dan dosen," kata dia.

Rektor Dhaniswara juga melantik pimpinan fakultas dan program pascasarjana periode 2022-2026, pada Selasa (16/8). Pimpinan yang baru diharapkan bisa mengakselerasi pencapaian target UKI ke level internasional. (OL-12)

BERITA TERKAIT