15 August 2022, 18:14 WIB

Raih Delapan Medali, Pemerintah Siapkan Beasiswa untuk Peserta IOI 2022


Faustinus Nua |

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) menyiapakan bantuan beasiswa bagi peserta International Olympiad in Informatics (IOI) 2022.

Sebanyak 8 peserta yang terbagi dalam 2 tim Merah Putih berhak mendapatkan beasiswa setelah berhasil meraih 8 medali pada ajang internasional yang berlangsung di Yogyakarta. "Pemerintah siap memberikan beasiswa (untuk 8 peserta IOI Indonesia)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud-Ristek, Suharti kepada Media Indonesia, Senin (15/8).

Dijelaskannya, beberapa peserta sudah memilih kampus untuk berkuliah seperti di Kanada dan Singapura. Mereka merupakan peserta yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 12. Sementara peserta yang masih di bangku kelas 11 dan 10 masih belum menentukan kampus yang akan dituju.

Diketahui, olimpiade informatika yang berlangsung di Yogyakarta sejak 7-15 Agustus merupakan IOI pertama yang menerapkan sistem hybrid. Indonesia sebagai tuan rumah mengirim 2 tim yang masing-masing terdiri dari 4 orang.

Dari total 180 medali, tim Indonesia mampu meraih 8 medali. Masing-masing peserta dari Indonesia meraih satu medali.

Adapun, untuk Tim I terdiri dari Albert Yulius Ramahalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat (perak), Joseph Oliver Lim dari SMAK 1 Penabur Jakarta (perak), Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya (perunggu), Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya (perunggu). Sedangkan Tim II terdiri dari Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru (perak), Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo (perunggu), Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta (perunggu), Andrew dari SMA S Sutomo 1 Medan (perunggu). (OL-12)

BERITA TERKAIT