15 August 2022, 18:10 WIB

Wapres: Pemerintah Berencana Naikkan Setoran Haji


Emir Chairullah |

PEMERINTAH berencana menaikkan dana setoran haji kepada calon jemaah. Menurut Wakil Presiden Ma’ruf Amin, langkah ini harus dilakukan, agar dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bisa berkelanjutan.

“Harus dinaikkan dana hajinya. Mutlak diperlukan ke depan,” jelas Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Jakarta, Senin (15/8).

Masduki menyebut usulan penaikan setoran tersebut berdasarkan kondisi riil yang dihadapi BPKH dalam pengelolaan dana haji. Saat ini, dana yang disetorkan calon jemaah sebesar Rp40 juta per orang, dengan total biaya haji sebesar Rp100 juta.

Baca juga: Menag Ingin Pembimbing Ibadah Haji Ditetapkan Lebih Awal

“Artinya, 60% biaya haji disubsidi BPKH. Sementara itu, dana haji yang diminta pemerintah Arab Saudi makin lama makin naik,” imbuhnya.

Wapres, lanjut Masduki, meminta agar tidak terjadi skema ponzi (gali lubang tutup lubang) dalam pengelolaan dana haji. “Harus dicari cara supaya dananya sustain,” tutur dia.

Baca juga: BAZNAS Komitmen Kedepankan Transparansi dalam Pengelolaan Dana Zakat

Selain itu, Wapres juga meminta adanya efisiensi dalam manajemen haji. “Sebab, Wapres menilai selama ini bagus tapi over budget,” sambung Masduki.

Pada kesempatan itu, Wapres mendapat laporan BPKH mengenai keuangan haji, dengan 71% dari total dana sudah diinvestasikan. Ke depan, dana haji akan digunakan untuk investasi langsung.(OL-11)

BERITA TERKAIT