11 August 2022, 20:23 WIB

Mahasiswa Jepang Belajar Budaya Indonesia di Universitas Budi Luhur


Mediaindonesia.com |

SETELAH sukses menggelar acara penyambutan sekaligus penyerahan hasil studi untuk perwakilan mahasiswa Kanda Institute of Foreign Language (KIFL) Japan program BIPA 2022 beberapa waktu lalu, kali ini Universitas Budi Luhur kembali menjalin kerja sama lanjutan bersama salah satu universitas ternama jepang yakni Meiji University

Melalui acara International Volunteer Program 2022 dengan tajuk “We Care, We Share”, Universitas Budi Luhur sambut hangat mahasiswa Meiji University dalam kunjungannya ke Indonesia.

“Saya ingin menyambut semua mahasiswa Universitas Meiji. Selamat datang di Indonesia, selamat datang di Jakarta, dan khususnya selamat datang di Universitas Budi Luhur” ungkap Wendi Usino, rektor Universitas Budi Luhur.

“Saya harap anda menikmati program (International Volunteer Program), anda akan berakhir dengan beberapa pengalaman yang baik untuk anda, karena anda akan bertemu orang-orang Indonesia, belajar memasak makanan Indonesia, meskipun banyak makanan Indonesia yang memiliki rasa yang mirip dengan makanan Jepang. Anda punya udon dan ramen, kami punya mie ayam dan laksa,” sambungnya seraya bercanda.

Dihadiri oleh 25 mahasiswa pilihan Meiji University, acara yang digelar di Grha Mahardika Bujana itu dibuka dengan penyerahan simbolis berupa baju kepada salah satu peserta program.

“Saya berharap kita dapat menjalin persahabatan baru selama program ini. Sekali lagi, mari nikmati program ini,” ujar Yusei Kinoshita, perwakilan dari Meiji University.

Baca juga : Kemendikbud-Ristek Siap Fasilitasi Komunitas Budaya

Dalam program itu, nantinya para mahasiswa Meiji University akan diajak berkeliling Kota Jakarta sekaligus memahami budaya yang ada.

Tak hanya itu saja, mereka juga akan ikut serta dalam berbagai kegiatan lainnya bersamaan dengan para mahasiswa Universitas Budi Luhur yang tergabung dalam International Student Buddy Program.

“Mereka nantinya tidak hanya belajar kebudayaan Indonesia saja, tetapi juga ikut serta ke sekolah-sekolah bersama dengan mahasiswa Universitas Budi Luhur tuk melakukan kegiatan sosial,” ungkap Ririt Roeswidiah, koordinator International Volunteer Program 2022.

Sebelum dimulainya program, para peserta pun telah lebih dulu disuguhkan berbagai sajian masakan tradisional Indonesia berupa Nasi Tumpeng dan beberapa jajanan pasar tradisional.

Seraya menyantap sajian yang ada, dalam acara ini peserta pun dihibur dan diperkenalkan pula dengan tarian tradisional Indonesia yakni Tari Saman khas Aceh yang dibawakan oleh Budi Luhur Dance Club. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT