11 August 2022, 14:29 WIB

Dukung Pelestarian Hutan Melalui Sertifikasi FSC


mediaindonesia.com |

DALAM rangka merayakan Hari Hutan Indonesia yang jatuh pada Minggu (7/8), Tetra Pak Indonesia (Tetra Pak) dan Ircomm Norton Capita (Ircomm) memperkenalkan rangkaian program FSC Forest Week 2022

FSC Forest Week 2022 merupakan acara global tahunan yang dilaksanakan setiap akhir bulan September yang sebelumnya dikenal dengan nama FSC Friday.

Kegiatan ini merupakan acara yang diinisiasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) bagi para mitra dan stakeholder FSC di seluruh dunia yang bertujuan untuk meperkenalkan manfaat sertifikasi FSC bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari.

FSC merupakan organisasi non-profit global yang mendorong keberlanjutan hutan di dunia melalui pengembangan sertifikasi hutan untuk memastikan produk hasil hutan bersumber dari hutan yang lestari dan dikelola secara bertanggung jawab. 

Tetra Pak sebagai pemegang sertifikasi FSC bekerja sama dengan Ircomm sebagai mitra dan stakeholder FSC untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kegiatan FSC Forest Week 2022 ini.

Adapun rangkaian program FSC Forest Week 2022 ini diperkenalkan dan dijelaskan secara langsung kepada awak media yang diundang secara khusus di Resto Taman Koleksi - Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: KLHK: Butuh Sinergi untuk Sukeskan Upaya Rehabilitasi Mangrove

 Adapun tema FSC Forest Week 2022 ini adalah “Help the Forest”.  Tema ini berangkat dari premis, manusia membutuhkan banyak dari hutan dengan sumber dayanya, hutan mampu memberikan begitu banyak untuk manusia.

Dengan tuntutan ekonomi dan meningkatnya populasi manusia menyebabkan hutan tidak mampu lagi mempertahankan dirinya yang akan berakibat buruk bagi manusia.

Dampak buruknya antara lain: menghilangkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang berperan penting dalam menghasilkan penyediaan bahan pangan, sandang, papan, dan obat-obatan, menghilangkan keseimbangan alam untuk memulihkan dirinya, perubahan iklim, dan lain-lain.

Dalam keterangan pers, Kamis (11/8), Reza Andreanto, Sustainability Manager Tetra Pak Indonesia mengatakan, “Tetra Pak merasa bangga telah menjadi salah satu perusahaan yang memiliki sertifikasi FSC."

"Sebagai perusahaan global di bidang pemrosesan, pengemasan makanan dan minuman, kami memastikan bawah bahan baku kemasan karton kami berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung-jawab," jelas Reza.

"Dan sudah menjadi keharusan untuk terus berkomitmen pada praktek penerapan hutan lestari dan memastikan hutan tetap ada bagi generasi anak cucu kita," paparnya. 

"Kegiatan edukasi ini, kami lakukan karena meyakini bahwa konsumen perlu menyadari pentingnya pemilihan produk yang kemasannya berasal dari sumber daya terbarukan, yaitu hasil hutan yang telah tersertifikasi FSC," ucap Reza.

Di Indonesia, lebih dari 40 pemilik merek makanan-minuman dalam kemasan adalah merupakan pelanggan kami, dan terbukti telah ikut bertanggung-jawab terhadap  pemeliharaan sumber daya alam dengan memilih bahan baku kemasan yang rendah karbon, dapat diperbaharui, dan mempraktekkan prinsip pengelolaan yang bertanggung-jawab.

"Kami berharap bahwa semua kemasan karton haruslah menggunakan bahan baku yang bersertifikasi FSC dan semua pemilik merk dapat menyampaikan kesadaran ini sebagai bagian dari upaya kita berperan serta dalam pemeliharaan bumi,” papar Reza.

Pada rangkaian FSC Forest Week 2022 yang pada tahun-tahun sebelumnya lebih dikenal dengan nama FSC Friday yang merupakan program tahunan FSC.

Pada tahun ini FSC Friday berubah menjadi salah satu rangkaian dari program FSC Forest Week yang mana program ini secara global dilaksanakan serentak diseluruh dunia pada minggu terkahir bulan September 2022 tepatnya pada tangggal 26 – 30 September 2022.

Adapun rangkaian FSC Forest Week 2022 di Indonesia diisi dengan beberapa kegiatan dan program

Isra Ruddin, CEO Ircomm Norton Capital menambahkan “Sebagai perusahaan swasta lintas industri yang memiliki perhatian terhadap praktek bisnis ramah lingkungan kami berkomitmen untuk mengkampanyekan manfaat produk bersertifikasi FSC melalui berbagai kegiatan untuk meningkatkan perhatian masyarakat tentang pentingnya lingkungan bagi kita."

" Pada tahun ini kami bersama dengan Tetra Pak kembali melakukan rangkaian kegiatan pada FSC Forest Week 2022 untuk mengajak masyarakat khususnya kaum millennial untuk lebih mengenali manfaat menggunakan produk berlabel FSC," paparnya.

Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia, menyampaikan “Kami sangat menyambut baik inisitatif stakeholder FSC di Indonesia dalam mengadakan edukasi untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan pemilihan produk-produk hasil hutan yang bertanggung jawab dan ramah akan lingkungan bersertifikasi FSC”. (RO/OL-09)

 

 

BERITA TERKAIT