06 August 2022, 06:15 WIB

Ibu Hamil Bisa Tulari Cacar Monyet ke Anaknya


Meilani Teniwut |

SEMUA orang bisa terkena cacar monyet atau Monkeypox. ibu hamil termasuk kelompok yang rentan terkena cacar monyet, begitu juga dengan anak yang dikandungnya. 

Hal itu pertama kali disampaikan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Anak-anak, ibu hamil, dan orang dengan daya tahan tubuh rendah disebutnya sebagai kelompok berisiko tinggi cacar monyet.

"Virus akan bisa menulari kelompok berisiko tinggi, termasuk anak-anak, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah, dan ibu hamil," ujar Ghebreyesus seperti dilansir Deutsch Welle.

Baca juga: Hingga Saat Ini Belum Ada Kasus Monkeypox di Tanah Air

Cacar monyet dapat menular pada anak saat baru lahir. Hal itu dikutip dari sebuah makalah yang diterbitkan di The Lancet. 

Ibu hamil yang terinfeksi cacar monyet dapat membawa risiko yang tinggi, termasuk di antaranya risiko keguguran serta kematian janin.

Ketua Satgas Cacar Monyet PB IDI Hanny Nilasari, Jumat (5/8),  mengatakan ibu hamil yang terinfeksi cacar monyet akan menurunkan penyakit itu ke anaknya saat dilahirkan karena adanya kontak antara kulit dengan kulit ataupun infeksi yang sudah ada dalam darah. 

Hanny menganjurkan agar ibu yang terinfeksi cacar monyet agar tidak menyusui anaknya. 

"Tentunya tidak, yah karena kontak dari kulit dengan kulit yang intens antara ibu dan anak itu harus dihindari. Jadi, ibu harus diisolasi apabila diduga ada suatu infeksi cacar monyet," tutupnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT