05 August 2022, 19:15 WIB

Pelatihan Barista di Ash Somad Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan 


Media Indonesia |

PROGRAM pelatihan barista yang dihelat Yayasan Bahtera Maju Indonesia (YBMI) mendapat perhatian serius Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Bahkan mereka mencicipi hasil racikan peserta pelatihan.

"Pelatihan barista merupakan program sosial Yayasan BMI melalui Masjid Ash Shomad untuk masyarakat usia produktif. Tujuannya menciptakan semangat wirausaha dan membangkitkan ekonomi akibat pandemi covid-19," kata Menhub Budi Karya di Tangerang, Banten, Jumat (5/8). 

Pelatihan yang digelar YBMI ini merupakan kerja sama dengan produsen kopi Kapal Api dan Yayasan Pundi Peduli Amal (YPP) sebagai bentuk program sosial, yang digelar di Masjid Ash Shomad, Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang. 

Sebanyak 20 peserta terpilih diajarkan teknik-teknik membuat berbagai jenis minuman berbahan kopi seperti latte, espresso, minuman non-coffee, dan manajemen outlet. Nantinya lima peserta terbaik dari 20 orang yang ikut pelatihan tersebut akan diajak mengelola outlet kopi Masjid Ash Shomad di bawah pembinaan YBMI.

Selain itu Menhub dan Menko PMK membagikan surat izin mengemudi (SIM) gratis kepada 40 peserta kursus mengemudi yang diselenggarakan YBMI melalui Masjid Ash Shomad. SIM tersebut diberikan kepada peserta kursus yang telah melalui serangkaian pelatihan dan telah lulus tes mengemudi. 

"Program pelatihan mengemudi gratis ini kita berikan kepada warga khususnya bagi yang kurang mampu agar bisa memiliki kemampuan dan bisa membuka jalan mendapatkan pekerjaan," ungkap Menteri Budi Karya.

Program mengemudi gratis sudah meluluskan empat gelombang dengan masing-masing gelombang diikuti 20 peserta. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT