05 August 2022, 09:31 WIB

KAI Pecat Petugas yang Rekam Penumpang di Toilet Ciamis


Insi Nantika Jelita |

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memecat petugas yang kepergok tengah merekam penumpang perempuan di Stasiun Ciamis, Bandung, Jawa Barat.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan pihaknya sama sekali tidak memberikan ruang untuk pelaku pelecehan seksual dalam berbagai layanan KAI.

"KAI menyampaikan permohonan maaf kepada korban. KAI langsung melakukan tindakan tegas dan memberikan sanksi berat kepada pelaku pelecehan seksual tersebut," kata Joni dalam keterangan resmi, Jumat (5/8).

Baca juga: Videokan Penumpang di Toilet, Petugas Kebersihan Stasiun Ciamis Dipecat

Pada saat kejadian, Joni mengatakan petugas KAI lainnya secara sigap langsung membuat pengaduan ke Polsek Ciamis setelah mendapatkan laporan dari korban soal pelecehan seksual tersebut.

Korban, ungkapnya, tidak membawa kasus ini ke ranah hukum karena menilai pemecatan tersebut sudah cukup untuk menghukum pelaku.

"Jajaran KAI juga bertemu kembali dengan korban di kediamannya di Ciamis untuk menyampaikan permohonan maaf secara langsung dan memberikan dukungan atas trauma yang dirasakan," ucapnya.

Bagi pelanggan kereta api yang mengalami tindakan pelecehan seksual di layanan KAI diminta segera melapor ke petugas yang ada baik di stasiun maupun di dalan perjalanan.

Pelanggan juga dapat mengirimkan laporan ke Contact Center KAI melalui telepon di 121 atau WhatsApp 08111-2111-121. (OL-1)

BERITA TERKAIT