04 August 2022, 22:43 WIB

Manfaat Senam Otak dan Enam Gerakan Dasarnya


Mesakh Ananta Dachi |

SENAM otak penting dilakukan sama seperti senam tubuh keseluruhan. Banyak manfaat yang kita peroleh dengan melakukan senam otak. Apa saja manfaatnya?

Manfaat senam otak

1. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
2. Meningkatkan refleks dan koordinasi tubuh
3. Meningkatkan kemampuan belajar
4. Menyeimbangkan tubuh dan pikiran
5. Menyeimbangkan otak kanan dan kiri
6. Mencegah penyakit lupa (amnesia, demensia, alzheimer)

Berbagai gerakan senam otak bisa dimulai dengan gerakan dasar seperti gerakan variatif pada tangan. Gerakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan terus menerus dengan bentuk berbeda dapat melatih kolaborasi otak dan tetap membuat otak beraktivitas.

Empat gerakan dasar senam otak

Gerakan pertama

Kepal tangan kanan tetapi tangan kiri dibuka. Setelah itu, dibalik. Tangan kiri dikepal dan tangan kanan dibuka. Lakukan ini gerakan tersebut secara perlahan.

Gerakan kedua 

Pada gerakan kedua, tangan kanan dikepal kecuali ibu jari dibuka dan tangan kiri dikepal dengan membuka kelingking. Setelah itu dibalik. Tangan kanan dikepal kecuali jari kelingking dibuka dan tangan kiri dikepal dengan membuka ibu jari. Ulangi gerakan keduanya terus menerus.

Gerakan ketiga 

Tangan kanan membentuk huruf V atau peace dan tangan kiri membentuk seperti pistol atau tangan dikepal kecuali ibu jari dan telunjuk yang mengarah ke tangan kanan. Setelah itu, gerakan sebaliknya untuk tangan yang lain. Ulangi terus gerakan tersebut.

Gerakan keempat

Tangan kanan menunjuk seperti angka 1 dan tangan kiri dibuka seperti angka lima. Setelah itu, gerakan dibalik untuk tangan yang lain. Ulangi gerakan itu secara bergantian tangan kanan dan kiri.

Gerakan kelima

Jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan dan tangan kiri dipertemukan. Setelah itu, angkat dua telunjuk sambil menempel ke atas tetapi kedua ibu jari tetap. Lalu telunjuk tangan kanan tempelkan ke ibu jari tangan kiri sambil telunjuk tangan kiri dinaikkan ke atas. Ulangi lagi gerakan itu untuk tangan berlawanan.  

Gerakan keenam

Kepal tangan kanan lalu ayunkan berputar ke arah dalam badan. Kepal tangan kiri lalu ayunkan berputar ke arah luar badan. Ulangi gerakan ini dengan mengganti tangan yang lain. 

Baca juga: Dua Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda dengan Olahraga Muka

Lakukan semua gerakan secara perlahan terlebih dulu. Kalau sudah lancar, boleh gerakan itu dipercepat. Lebih jelasnya, silakan tonton video dari Youtube kanal Hypnocare Indonesia. (OL-14)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT