03 August 2022, 20:24 WIB

Asmaul Husna Nama Terindah Allah hanya 99 atau Lebih?


Mediaindonesia.com |

KALAU manusia dan makhluk lain memiliki sifat yang baik, seperti mengetahui, melihat, mendengar, dan sebagainya, pastilah Allah yang Maha Kuasa memiliki sifat-sifat yang baik pula. Bahkan sifat-sifat yang dimiliki Allah jauh lebih sempurna.

Allah memang hanya satu. Namun Dia punya banyak nama. Seluruh namanya bersifat indah, agung, mulia, dan terbaik.  

Pengertian asmaul husna

Kata al asma merupakan bentuk jamak dari kata al ism yang berarti nama. Al husna berarti yang terbaik. Jadi, asmaul husna berarti nama nama yang terbaik atau sifat sifat yang terbaik.

Allah bahkan menyuruh kita untuk berdoa dengan menyebut nama-nama atau sifat-sifatnya dalam asmaul husna. Dalam Al-Qur'an Surat al-A'raf ayat 180 disebutkan 

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا، وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ، سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ   

Artinya, "Allah memiliki asmaul husna maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna (nama-nama terbaik) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap yang mereka kerjakan." 

Jumlah nama Allah

Apakah asmaul husna hanya 99? Ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan hanya 99. Ada pula yang mengatakan lebih.

Dari sahabat Abu Hurairah bahwa Rasullulah saw bersabda,

إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ

Bacaan latin, "Inna lillaahi tis'atan watis'iina asmaa miiatan illa wahiddan man ahshoo haa dakholal jannah."

Artinya, "Sesungguhnya milik Allah 99 nama. Siapa yang mengihshonya (menghafal atau menjaganya) pasti masuk surga. (HR Bukhari dan Muslim).

Baca juga: Siapakah yang Tergolong Ahlussunnah wal Jamaah?

Dilansir dari Instagram @limofficial_lirboyo bahwa Imam Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim memberikan keterangan terkait hadis tersebut. "Ulama sepakat bahwa hadis tersebut tidak membatasi nama-nama Allah hanya 99. Namun yang dimaksud dalam teks hadis itu yakni siapa saja yang ihso (menghafal atau menjaga) 99 nama tersebut, ia akan masuk surga."

Keutamaan asmaul husna

Banyak sekali keutamaan yang dimiliki asmaul husna. Di antaranya diungkapkan Syekh Shalih Al Jafari.

"Orang yang berdoa dengan asmaul husna telah meminta kebaikan seluruhnya dan membuat penghalang di antara dirinya dengan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut Arrahman Arrahim, engkau telah meminta rahmat. Jika kamu menyebut Al-lathif, kamu telah meminta kelembutan dan seterusnya."

Tentu kita tidak cukup hanya dengan menghafal asmaul husna, melainkan perlu pula memahami tiap-tiap maknanya. Ini perlu dilakukan agar betul-betul bisa meyakininya dalam hati tidak berhenti di lisan saja. (OL-14)

BERITA TERKAIT