03 August 2022, 17:14 WIB

Apa itu Interpretasi? Ini Penjelasan, Contoh, dan Tujuan


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |

INTERPRETASI merupakan proses menerjemahkan sesuatu, baik dari bahasa, film, bentuk seni, dan lain sebagainya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran. 

Secara umum, interpretasi dapat berarti teori atau filsafat yang menjelaskan mengenai penafsiran terhadap sesuatu. Interpretasi dapat disebut juga dengan sebutan hermeneutika. Kata tersebut berasal dari kata kerja bahasa Yunani yaitu hermeneuein yang berarti menginterpretasikan, menafsirkan, atau menerjemahkan.

Pada dasarnya, interpretasi termasuk dalam struktur teks eksplanasi. Struktur teks eksplanasi terdiri dari beberapa pernyataan umum mengenai topik yang menjelaskan tentang urutan proses kejadian.

Tujuan interpretasi

1. Mengurangi salah tafsiran
2. Meningkatkan pemahaman
3. Penggunaan data

Jenis interpretasi

1. Interpretasi cerpen yaitu proses menafsirkan atau menggambarkan beberapa makna dari cerita pendek atau cerpen.
2. Interpretasi citra yaitu analisis gambar atau foto dengan menggunakan alat tertentu yang memang diambil untuk diidentifikasi objeknya.
3. Interpretasi sejarah yaitu kegiatan penafsiran terhadap data sejarah.
4. Interpretasi alam yaitu penafsiran pada suatu kondisi pemandangan alam di sekitar kita.
5. Interpretasi data yaitu gabungan dari hasil analisis dengan berbagai jenis pertanyaan yang sesuai dengan kriteria yaitu standar-standar yang ditentukan.

Baca juga: Bahasa Indonesia Kelas VII: Menelaah Struktur Teks Deskripsi

6. Interpretasi musik yaitu proses untuk menemukan keinginan dari komposer.
7. Interpretasi peta yaitu proses membaca peta dengan memberi makna atau mengartikan simbol-simbol yang tertulis di peta tersebut.

Contoh interpretasi

1. Contoh interpretasi lukisan
Lukisan menjadi objek penafsiran agar orang awam bisa memahami maksud dan tujuan dari pelukis yang sering berbentuk abstrak dan tidak ada detail perasaan yang dimaksud dalam lukisan tersebut.

2. Contoh interpretasi dalam cerita pendek
Interpretasi cerita pendek dapat membantu seseorang mengerti cerita tersebut dengan lebih detail.

3. Contoh interpretasi di teks eksplanasi
Interpretasi di teks eksplanasi berisi kesimpulan dari topik yang dijelaskan. Penulis memberikan kalimat kesimpulan yang sesuai dari paragraf tersebut. (OL-14)

BERITA TERKAIT