03 August 2022, 15:54 WIB

RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mulai Vaksinasi "Booster" Kedua untuk Nakes


Selamat Saragih |

RUMAH Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, menggelar vaksinasi booster Covid-19 dosis kedua untuk tenaga kesehatan (nakes) pada Rabu (3/8). Menurut Ketua Tim Vaksinasi RSDC Wisma Atlet, Marta Rosalia, mengatakan, terdapat 200 nakes yang terdaftar di Wisma Atlet Kemayoran akan disuntik vaksin booster kedua.

"Hari ini kemungkinan sekitar 50 sampai 100 orang nakes yang kami layani untuk kegiatan booster vaksin kedua," ujar Marta, di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Rabu (3/8).

Baca juga: Kominfo Blokir 1,7 Juta Konten Negatif, Terbanyak Pornografi dan Perjudian

Menurut Marta, program vaksinasi booster kedua untuk para nakes itu akan berlangsung selama lima hari.

Menurut epidemiolog, nilai booster kedua perlu sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19.

Dia menambahkan, vaksin Covid-19 yang tersedia untuk booster kedua di sana yakni Pfizer dan Moderna.

"Total yang bertugas (vaksinator) hari ini sekitar 16 orang dan sampai lima hari ke depan," ungkapnya.

Marta menjelaskan, nakes yang mendapat vaksinasi booster kedua telah memenuhi persyaratan kesehatan setelah melalui tahapan skrining.

"Dilakukan vaksinasi booster kedua ini setelah satu minggu dilakukan swab massal. Kebetulan RSDC setiap bulan lakukan swab massal, jadi kami bisa lihat jika ada yang negatif Covid-19 bisa vaksin," katanya.

Kegiatan swab massal, kata Marta, dinilai efektif untuk meminimalisir nakes di RSDC Wisma Atlet Kemayoran tertular Covid-19.

"Sejauh ini sudah swab massal setiap bulan dan sangat berkurang jauh nakes yang terjangkit positif (Covid-19), jadi sangat efektif buat kami yang melayani pasien di RSDC Wisma Atlet," ujarnya.

Sebagai informasi, vaksinasi booster dosis kedua mulai dilakukan pemerintah untuk tenaga kesehatan (nakes) pada Jumat (29/7).

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, tujuan pemberian vaksin booster kedua karena imunitas vaksin ketiga sudah menurun dalam kurun waktu enam bulan.

Karena penurunan ini, maka vaksin booster kedua diperlukan untuk menguatkan kembali kekebalan tubuh.

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu nakes dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa. Kita peduli, pandemi berakhir! (OL-6)

BERITA TERKAIT