03 August 2022, 15:52 WIB

Catatan Medis Masyarakat Bakal Berbasis ELektronik


Theofilus Ifan Sucipto |

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pencatatan imunisasi masyarakat bakal berbasis elektronik. Hal itu dilakukan dengan Aplikasi SehatIndonesiaKu atau (ASIK).

“Ini akan jauh lebih efisien sehingga informasi mengenai pasien lebih transparan dan semua data itu adalah milik pasien,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8).

Budi mengatakan pencatatan secara elektronik merupakan bagian dari implementasi transformasi teknologi kesehatan. ASIK memungkinkan perekaman dan penyimpanan data layanan kesehatan setiap individu masyarakat.

“Masyarakat juga dapat mengetahui status layanan kesehatan yang telah diberikan melalui PeduliLindungi yang terhubung dengan ASIK,” ujar dia.

Baca juga:  Menkes: Izin Ganja untuk Penelitian Medis, bukan Pemakaian

Menariknya, lanjut Budi, ASIK tidak hanya merekam catatan imunisasi masyarakat melainkan juga rekam medis di rumah.

Budi menjelaskan rekam medis tersebut akan terintegrasi dengan basis data rumah sakit. Contohnya seorang pasien yang sudah melakukan rontgen namun hendak pindah rumah sakit.

“Nanti pasien itu tidak perlu rontgen ulang atau tes darah karena sudah dilakukan di rumah sakit sebelumnya,” papar mantan Wakil Menteri BUMN itu.(OL-5)

BERITA TERKAIT