31 July 2022, 17:50 WIB

Gubernur Sumbar Dukung Museum Bung Hatta Dibangun di Jakarta


mediaindonesia.com |

GUBERNUR Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh acara Peringatan 120 Tahun Kelahiran Bung Hatta.

Dia pun mengapresiasi Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) yang menggelar acara Peringatan 120 Tahun Bung Hatta.

Seperti meluncurkan Hatta Memorial Heritage (HMH) Virtual. HMH Virtual adalah museum virtual dengan platform metaverse.

Peluncuran museum virtual ini menurut rencana dilakukan secara hybrid pada 12 Agustus 2022 yantg bertepatan dengan 120 tahun kelahiran Bung Hatta pada 12 Agustus 1902.

Namun begitu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menegaskan agar pembangunan secara fisik Museum Bung Hatta terus dilakukan. Apalagi rencana tersebut juga sudah dilakukan sejak lama.

"Museum Bung Hatta kalau bisa berada di Jakarta. Entah itu di rumah beliau dulu. Kenapa harus di Jakarta, karena beliau adalah tokoh nasional," ujarnya saat berdialog dengan pengurus YPBH di Jakarta, Minggu (31/7).

Mahyeldi pun siap mendampingi YPBH bertemu dengan Gubernur DKI Anies Baswedan untuk merealisasikan pembangunan secara fisik Museum Bung Hatta.

Baca juga: Peringatan 120 Tahun Bung Hatta akan Diisi Webinar dan Napak Tilas

Ketua Umum YPBH Maizar Rahman menanggapi. "Rumah Bung Hatta masih ada di Jakarta. Di sampingnya ada tanah kosong, punya Pertamina. Rencananya kita ingin membuat museum di sana."

"Kita harap pemerintah dapat mengalokasikan lahan tersebut untuk gedung Bung Hatta Memorial Jakarta," ujarnya.

Mendapatkan penjelasan tersebut, Gubernur Mahyeldi tampak bersemangat.

Ia pun bersedia membantu bersama YPBH menemui pemerintah serta Gubernur Jakarta Anies Baswedan. "Pada tahun 2023 kita harapkan segera terbangun," ujarnya.

Mahyeldi menambahkan, pihaknya mendukung penuh acara peringatan 120 tahun kelahiran Bung Hatta.

"Ke depan kita ingin menggali tentang Bung Hatta itu dalam berbagai sisi. Kemarin dengan ibu Meutia Hatta (putri Bung Hatta) juga telah disampaikan," kata Gubernur Sumbar.

"Kenapa? Karena Bung Hatta itu, di samping sisi yang telah dipublikasi, sebagai Bapak Koperasi  Bung Hatta itu juga ahli strategi, Bung Hatta itu juga Proklamator," ujarnya.

Menurut Mahyeldi, banyak juga sisi dari Bung Hatta yang disampaikan oleh Meutia Hatta. 

"Untuk menggali tentang Bung Hatta itu bisa dari orang yang pernah berinteraksi dan orang orang dekat. Juga mungkin ada keluarga yang tahu. Tentu anak beliau yang lebih tahu. Bagaimana betul Bung Hatta," ujar Mahyeldi

"Bagaimana dari segi kepemimpinan misalnya. Walaupun ada perbedaan misalnya, ditunjukkan ke rakyat bahwa memang Dwi Tunggal itu (Soekarno-Hatta)

memang tidak pernah tergoyahkan. Itu suatu hal perlu kita ajarkan dalam kepemimpinan nasional," imbuhnya.

Iman Satria, Ketua Panitia Peringatan 120 tahun kelahiran Bung Hatta, menambahkan akan ada sejumlah rangkaian kegiatan dalam peringatan tersebut. 

"Seperti Webinar pada 6 Agustus 2022. Napak Tilas pada 14 Agustus 2022 dan virtual race, dan lari maraton sejauh 120 kilometer," ujarnya. 

Adapun Webinar dengan tema "Bung Hatta, Pejuang Tangguh dan Pemikir yang Revolusioner, dijadwalkan digelar pada 6 Agustus 2022.

Di webinar tersebut, rencananya tiga menteri akan hadir sebagai pembicara. Mereka adalah Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri PUPR Mochammad Basoeki Hadi Moeljono dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

"Kemudian ada juga acara Napak Tilas pada 14 Agustus 2022. Dengan mengambil rute Istana Bung Hatta - Rumah Kelahiran Bung Hatta - Pesanggrahan Bung Hatta di Bukittinggi," kata Iman. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT