26 July 2022, 22:20 WIB

Milad ke-47 MUI, Wapres Berharap Soliditas dan Kemitraan di Pemilu 2024


M Iqbal Al Machmudi |

WAKIL Presiden Kiai Ma'ruf Amin berharap kemitraan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan pemerintah terus berlanjut. Bukan hanya ketika berlangsungnya pandemi covid-19, melainkan ketika pentas politik atau Pemilu 2024 nanti digelar.

Ma'ruf menyampaikan saat ini dunia sedang menghadapi perang, dipastikan akan menghadapi krisis energi, pangan, dan keuangan. Oleh karena itu partisipasi MUI agar bersabar dan berhati-hati melakukan upaya persiapan yang diperkirakan akan datang.

"Menjaga kebutuhan bangsa dalam menghadapi pemilu jangan sampai terjadi pemilihan yang berbeda di masyarakat dan di umat Islam. Tidak perlu ribut-ribut urusan capres dan cawapres," kata Ma'ruf dalam sebutannya pada Milad MUI ke-47 di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Selasa (26/7).

Selain itu, peran MUI juga perlu menjaga umat dari akidah-akidah yang menyimpang dan dari cara berpikir yang tidak moderat. Oleh karena itu adanya perlindungan yang perlu terus ditingkatkan dalam menjaga umat.

Dalam rangka penguatan umat supaya menjadi kuat yang lebih kuat sehingga tidak membebankan dan berkontribusi pada negara.

Selain itu Ma'ruf juga menyampaikan perlu melakukan penyamaan gerakan atau terkoordinasi sejalan bersama di bawah tenda besar MUI. Sehingga MUI menjadi pemimpin secara kelembagaan.

"Pemerintah sangat berharap kemitraan MUI akan terus diberikan ketika menghadapi krisis pangan, bahaya lainnya, dan menjaga kebutuhan pilpres yang akan datang," ungkapnya.

MUI sudah memberikan apresiasi termasuk menghadapi covid-19. Dengan fatwa vaksinasi, pelaksanaan ibadah, hingga membolehkan tidak salat jumat untuk menjaga umat.

"Ini saya kira sangat berdampak meski pandemi belum hilang. Karena hak hamba didahulukan daripada hak Allah ketika terjadi kehimpitan hak," ujar Ma'ruf.

MUI yang berumur 47 tahun pantas mensyukuri nikmat yang diberikan dan lebih berbuat lagi melakukan kerja-kerja kebaikan atau meningkatkan kinerja

"Supaya dalam bagian MUI untuk berkinerja baik, baik ada di pusat hingga daerah. Saya berharap kinerja MUI ke depan meningkatkan visi MUI dalam menyangkut mitra pemerintah maupun pelayan umat," pungkasnya. (H-2)

 

BERITA TERKAIT