21 July 2022, 16:25 WIB

Ini Bahaya Chloroform jika Digunakan untuk Manusia


Ardi Teristi Hardi |

AHLI farmasi dari Universitas Gadjah Mada Dr rer nat Endang  Lukitaningsih SSc MSi Apt menanggapi terkait obat bius chloroform yang dijual di situs jual beli online. Ia pun memaparkan bahaya chloroform jika digunakan untuk manusia.

Menurut dia, chloroform merupakan senyawa yang memiliki aktivitas untuk menurunkan kesadaran yang bekerja dengan menekan sistem saraf pusat secara cepat.

"Senyawa ini mudah menguap dan kalau terhirup bisa membuat tidak sadar. Memiliki sifat apolar atau bisa menembus ke sistem saraf pusat,"
jelas Endang saat dihubungi di Yogyakarta, Kamis (21/7).

Obat bius ini tidak lagi diberikan kepada manusia oleh tenaga kesehatan karena menimbulkan efek samping bagi tubuh dan masuk dalam golongan bahan beracun.


Baca juga: Mengenal 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam Pengelolaan Limbah


Ia mencontohkan, saat seseorang tidak sengaja mengirup chlorofom ketika kering praktikum di laboratorium dapat mengakibatkan tenggorokan terasa maksimal.

Selain itu, jika terkena mata akan mengakibatkan mata kering dan gangguan kerja paru-paru serta saluran pernapasan karena iritasi dari senyawa ini.

"Untuk manusia sudah jarang diberikan karena sifatnya yang mudah mengiritasi tubuh," ucapnya.

Dosen Fakultas Farmasi UGM ini mengatakan, obat bius chloroform biasa digunakan untuk membius hewan percobaan di laboratorium. Endang menambahkan, chloroform juga biasa dipakai sebagai pelarut oleh para peneliti.

Senyawa ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan alkohol yang mudah menguap, tetapi memiliki efek bius atau menurunkan kesadaran dengan cepat. (OL-16)

BERITA TERKAIT