21 July 2022, 09:15 WIB

Orangtua Pegang Peran Penting Kenalkan Anak Bersekolah Tatap Muka


Basuki Eka Purnama |

PENDIRI serta direktris Akademi Montessori Haus Asia (MHA) Rosalyn Tamara mengatakan peran orangtua sangat penting untuk mengenalkan anak bersekolah tatap muka secara langsung di era pandemi yang belum usai.

Pemerintah sudah mulai menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa level pendidikan dan di berbagai wilayah Indonesia dengan syarat mematuhi protokol kesehatan.

"Peran orangtua merupakan kunci yang perlu anak bawa saat akan bersekolah, mulai dari bagaimana mereka memilihkan sekolah bagi anak, mempersiapkan diri anak seperti perlengkapan yang sesuai, agar anak-anak tidak takut bertemu dengan wajah-wajah serta lingkungan baru di luar keluarga," kata Rosalyn dalam keterangan pers Mothercare, dikutip Kamis (21/7).

Baca juga: Kasus Harian Covid-19 Tembus 5 Ribu Kasus, Ketua DPR Minta Pemda Evaluasi PTM

Menurut Rosalyn, situasi itu sama seperti layaknya orang dewasa, dimana pertemuan pertama yang mengesankan akan membentuk mood yang baik dan berkelanjutan untuk dijalankan.

"Begitu pula bagi anak-anak saat hendak pertama kali masuk sekolah dan bersapa dengan teman-teman sebayanya, sehingga orangtua perlu dengan optimal menyiapkan yang anak butuhkan," ujar dia.

Model dan figur publik Kevin Liliana pun sependapat. Ia mengatakan persiapan kebutuhan sekolah tatap muka di tengah pandemi untuk anaknya juga menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi dia sebagai seorang ibu.

Liliana mengatakan dirinya ingin memberikan ajakan positif tersendiri bagi sang putri untuk menyambut masa sekolahnya.

"Aku mau menanamkan kesan seru untuk pertama kali mulai belajar, bertemu teman-teman baru, guru-guru, serta rutinitas yang berbeda dari di rumah," kata Miss International 2017 tersebut. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT