16 July 2022, 23:20 WIB

Semarak Kurban di Universitas Mercu Buana Idul Adha sebagai Madrasah Pengurbanan


Mediaindonesia.com |

DEWAN Kemakmuran Masjid (DKM) Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana, Meruya, Jakarta Barat,  melaksanakan kegiatan Idul Kurban 1443 H. 

Salat Idul Adha dipimpin oleh Dr. Muhammad Kholil, MT dan khatib ustaz Prof. Dr. KH. Ishom Yusqi, MA dengan tema “Idul Adha sebagai Madrasah Pengurbanan”, Minggu (10/7). 

Dalam ceramahnya khatib berpesan bahwa apa yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim kepada putranya Nabi Ismail merupakan pelajaran tentang kepatuhan terhadap perintah Allah SWT. 

“Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail telah memberikan keteladanan kepada kita semua,” kata Khatib Ishom Yusqi. 


Adapun Wakil Rektor bidang Sumber Daya dan Pemasaran, Dr Hadri Mulya, M.Si, menyampaikan kegiatan Idul Adha di Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana adalah kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak awal universitas itu berdiri. Mercu Buana berdiri bertujuan melaksanakan perintah Allah SWT. 

“Idul Adha ini juga sebagai sarana silaturrahmi kepada masyarakat di lingkungan kampus Universitas Mercu Buana Meruya agar kehadiran Universitas Mercu Buana dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya. 

Sementara, Direktur Sumber Daya, Dr Augustina Kurniasih mengatakan Yayasan Menara Bhakti melalui Universitas Mercu Buana mendukung sepenuhnya kegiatan Idul Adha di Masjid Manarul ‘Amal. 

“Tahun ini Yayasan Menara Bhakti mengirim 4 ekor sapi untuk disalurkan kepada masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya,” katanya. 

Di tempat yang sama, Dr. Achmad Jamil M.Si , Ketua DKM Manarul 'Amal Universitas Mercu Buana mengatakan seluruh kegiatan Idul Adha 1443 H mulai dari salat Idul Adha, pemotongan dan penyaluran hewan Qurban telah terlaksana dengan baik. 

“Seluruh hewan qurban mendapat sertifikat bebas Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) dari instansi terkait, hewan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan kantor Walikota Jakarta Barat, pemotongan dan pencincangan dilakukan oleh jagal profesional dan daging dikemas dengan menggunakan besek bambu. Tujuannya untuk pengurangan sampah plastik dan mendukung dunia kampus yang go green,” ungkap Achmad Jamil yang juga Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta ini. 

Kegiatan Idul Adha di Masjid Manarul ‘Amal disambut baik oleh masyarakat sekitar. Sunantih, 40, warga RT 04/04 Kelurahan Meruya Selatan mengucapkan terima kasih kepada Masjid Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana yang setiap Idul Qurban memberikan daging kurban kepada masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya. 

“Terima kasih, kurban ini sangat membantu saya sekeluarga untuk menikmati daging, apalagi dagingnya sehat atau bebas PMK,” tutur Sunantih. 

Tahun ini DKM Manarul ‘Amal Universitas Mercu Buana menerima titipan hewan kurban sebanyak 12 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Daging Qurban disalurkan kepada 1200 mustahik terdiri atas 700 masyarakat di sekitar kampus Universitas Mercu Buana Meruya dan 500 kepada tenaga kependidikan di Lingkungan Universitas Mercu Buana. (OL-8)

 

 

 

BERITA TERKAIT