07 July 2022, 22:52 WIB

Hindari Penipuan, Kemenag: Masyarakat Bisa Cek Aplikasi Haji Pintar


Dinda Shabrina |

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) memiliki aplikasi khusus untuk melacak travel haji yang terdaftar dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK). 

Sehingga, masyarakat diharapkan tidak lagi terkecoh dan terhindar dari praktik penipuan berkedok layanan haji mujamalah.

“Bisa download di playstore, ada aplikasi Haji Pintar. Di situ akan diperoleh informasi PIHK yang berizin mana saja," jelas Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin, Kamis (7/7).

Baca juga: Ada Kasus Penipuan di Haji Mujamalah, Kemenag tidak Bertanggung Jawab

"Kami sampaikan masyarakat agar selalu cermat. Jangan mudah percaya ketika ada orang yang menjanjikan visa furoda. Pada dasarnya visa ini adalah visa tamu undangan," imbuhnya.

Pihaknya terus mensosialisasikan terkait haji mujamalah kepada masyarakat, agar tidak ada lagi kejadian penipuan. “Berkaitan haji mujamalah atau furoda, agar dipastikan bahwa haji mujamalah diselenggarakan PIHK," tegas dia. 

Baca juga: Ridwan Kamil Beri Semangat Jemaah Haji yang Sakit di Arab Saudi

"Kami sangat harapkan kepada masyarakat sebelum memilih untuk memutuskan haji melalui furoda, pastikan pilih travel yang benar, travel yang berizin," sambung Arifin.

Masyarakat harus bisa membedakan jenis haji mujamalah dengan haji regular yang terjamin pelayanannya. “Kalau haji regular atau haji khusus, daftar atau berangkat haji berdasarkan kepastian. Sedangkan, yang mau haji dengan furoda adalah berangkat dengan ketidakpastian," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT