07 July 2022, 22:06 WIB

Digitalisasi Berkembang, Menkominfo: Pemanfaatan Harus Diperluas


M. Iqbal Al Machmudi |

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan ada beberapa poin penting yang harus ditingkatkan dalam digitalisasi dan kemajuan internet di negara berkembang.

"Hanya 20% orang di negara kurang berkembang yang memiliki akses internet," ujar Johnny dalam B20-G20 Dialogue: Digitalization Task Force, Kamis (7/7).

Baca juga: Menlu RI dan Tiongkok Bahas Tantangan Dunia

Selain itu, kesenjangan gender digital masih berlanjut di seluruh dunia, tanpa upaya serius untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Prioritas selanjutnya, yakni keterampilan digital dan literasi digital.

Hal tersebut bertujuan menumbuhkan kesiapan digital melalui keterampilan digital dan literasi digital. Itu dalam mempersiapkan teknologi yang muncul untuk semua masyarakat.

"Saya percaya bahwa kita telah menyaksikan bagaimana teknologi digital membantu masyarakat dalam memulihkan diri setelah pandemi covid-19. Peningkatan pemanfaatan teknologi digital menjadi semakin penting," imbuhnya.

Baca juga: Kemenkominfo Ajak Masyarakat Bermedia Digital dengan Baik

Menurutnya, digitalisasi pasar global akan terus mendorong pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Ukuran pasar diproyeksikan tumbuh dari sekitar US$520 miliar dolar pada 2021, kemudian menjadi lebih dari US$1,2 triliun dolar pada 2026.

"Diperkirakan juga 70% penciptaan nilai baru dalam perekonomian, akan didasarkan pada bisnis yang diaktifkan secara digital," pungkas Johnny.(OL-11)

BERITA TERKAIT