07 July 2022, 21:59 WIB

Permata Photojournalist Grant Telah Luluskan 106 Pewarta Foto dari 45 Media di Indonesia 


Mediaindonesia.com |

SETELAH menjalani berbagai sesi workshop daring dari Februari-April 2022, Permata Photojournalist Grant ke-11 (PPG XI) COURAGE meluluskan 10 pewarta foto bersamaan dengan Pengumuman Karya Terbaik dan Pembukaan Pameran Foto yang kembali dilakukan secara luring setelah 2 tahun dilakukan secara daring karena pandemi. 

Narasi visual kesepuluh peserta ditampilkan dalam sebuah pameran luring yang dibuka untuk publik dan diadakan di rumah PermataBank, World Trade Center (WTC) 2, Jakarta Selatan yang berlangsung pada 14 Juni-8 Juli 2022.  

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Utama PermataBank Meliza M Rusli, kesepuluh finalis PPG XI, para mentor, editor media terpilih serta, alumni PPG dan mitra pendukung program sedangkan pameran juga turut dihadiri oleh Dhien Tjahajani, Direktur Hukum & Kepatuhan PermataBank Dhien Tjahajani.  

Berbagai acara tersebut juga merupakan bagian dari acara puncak PPG XI COURAGE dengan rangkaian kegiatan publik berupa Artist’s Talk, Editor’s Forum dan Photo Seminar untuk membuka ruang diskusi mengenai praktik bertutur visual yang berdampak secara sosial.

PPG diadakan dalam kemitraan dengan PannaFoto Institute, organisasi pendidikan fotografi yang bersama PermataBank telah membangun program itu selama 11 tahun. Sejak diluncurkan pada 2011, program PPG telah memberikan beasiswa dan pelatihan pada 106 pewarta foto dan fotografer dari lebih dari 45 media dan serta melibatkan sejumlah 70 pendidik fotografi yang berdomisili di wilayah barat hingga timur Indonesia. 

Untuk PPG XI, tim seleksi telah memilih 10 pewarta foto Indonesia muda dari berbagai kota di Indonesia, yang menampilkan semangat keberanian dalam kisah-kisah visual yang mereka ciptakan.

Head of Corporate Affairs PermataBank Richele Maramis mengatakan, pihaknya percaya bahwa pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam menciptakan perubahan signifikan menuju masyarakat yang lebih baik. Salah satu komitmen PermataBank dalam memajukan pendidikan bangsa ditunjukkan melalui PPG, program pertama yang didedikasikan untuk mengembangkan teknik dan bakat pewarta foto Indonesia. 

Baca juga : Rekomendasi IDAI Sebelum PTM: Wajib Vaksin Lengkap dan Booster

"Kami berharap kesepuluh kisah dalam pameran ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk berani kembali melangkah setelah melalui masa yang sulit. Seperti yang direfleksikan oleh kisah-kisah visual para fotografer, langkah-langkah tersebut yang pada akhirnya akan membawa kita ke kemenangan-kemenangan pribadi dalam hidup. Selamat pada kesepuluh peserta PPG XI yang telah menampung ilmu yang diberikan dan membangun cerita yang penuh keberanian!” ujar Richele.

PPG XI memilih tema COURAGE atau KEBERANIAN guna merefleksikan situasi global saat ini dimana kita memerlukan keberanian untuk dapat menjalani kehidupan, termasuk melalui masa pandemi, dan bangkit dari kesulitan dalam kehidupan, antara lain aspek psikologis, ekonomi, dan budaya. 

Dengan dibantu oleh para mentor berpengalaman, peserta dapat menginspirasi pembaca dan juga memilih cerita-cerita dari berbagai perspektif lain untuk mengajak pembaca berempati pada subyek yang difoto.

Tahun ini PPG telah meluluskan 10 (sepuluh) pewarta foto dan pewarta foto lepas yang dinilai telah memenuhi berbagai kriteria sasaran PPG yaitu pewarta foto aktif bekerja di media, dengan membuka kesempatan pula pada pewarta foto lepas, keberagaman visual storytelling/cara bertutur secara visual calon peserta (dokumenter, konseptual, tema dan lain-lain), variasi media (cetak, online, harian, kantor berita), mendukung gender balance, serta melihat potensi kandidat, dan mempertimbangkan manfaat program bagi kandidat.

Kesepuluh finalis PPG XI diseleksi oleh Edy Purnomo dan Edwin Putranto. Mereka mengembangkan foto cerita mereka dalam bimbingan para mentor, yang memfasilitasi mereka selama hampir tiga bulan antara Februari hingga April 2022. 

Selain mereka mentor PannaFoto dan alumni PPG yang membimbing para peserta adalah Edy Purnomo, Rosa Panggabean, Yoppy Pieter, dan Saša Kralj. Para peserta juga berkesempatan mengikuti sesi kelas bersama dua mentor tamu, Budi Setiyono dan Jenny Smets. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT