07 July 2022, 05:49 WIB

Para Guru Harus Arahkan Anak Didik Cara Gunakan Teknologi Digital Secara Baik


mediaindonesia.com |

ERA digital adalah masa ketika informasi mudah dan cepat diperoleh serta disebarluaskan menggunakan teknologi digital. Internet menjadi gaya hidup, bahkan hampir semua bidang kehidupan manusia kini telah bergantung pada internet.

Berbeda dengan generasi imigran yang lahir jauh sebelum era digital, Perlu diketahui bahwa digital immigrant adalah orang yang lahirnya jauh sebelum adanya digitalisasi, 

individu yang lahir pada masa ini (digital native), belajar internet bisa dibilang tak ada hambatan yang berarti . Itu karena mereka lahir, hidup, tumbuh dan berkembang dengan lingkungan digital yang kental. 

Muhajir Sulthonul Aziz, S.Kom, M.I.Kom, Dosen Komunikasi IAI Dalwa Pasuruan, mengatakan masyarakat harus bijak dalam berkecimpung di dunia diginal saat menjadi narasumber webinar dengan tema “Literasi Digital Bagi Tenaga Didik dan Anak Didik Di Era Digital” yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Baca juga: Kominfo: Konten Pornografi, Perjudian dan Penipuan Dominasi Ruang Digital Indonesia

“Pada saat ini kita sudah memasuki dunia digital. Perkembangan pola pendidikan di era digital sangat-sangat besar dan sangat-sangat luas sekali," kata Muhajir. 

"Efek pandemi tahun lalu, membuat kita terpaksa dan hampir dipaksa untuk benar-benar mengetahui apa itu dunia digital," jelas Muhajir dalam keterangan pers, Rabu (6/7).

"Padakah kita ketahui dahulu, bahwasanya kita sangat susah untuk belajar bersama melalui internet,” ujarnya.

“Tenaga pendidik dan anak didik wajib paham tentang dunia digital dari segi manapun. Karena kita sebagai guru atau tenaga didik, jangan sampai kalah dengan anak didik," jelas Muhajir.

"Kenapa? Karena akan lebih maksimal dalam penyampaian materi dan kita mampu memahami apa yang anak didik mau dengan pemikiran saat dunia digital.,” Lanjutnya.

 Muhajir menyimpulkan bahwa dalam dunia gitial, tenaga pendidik harus paham mengenai literasi digital. Lalu tugas sebagai tenaga pendidik, mampu untuk mengarahkan anak didik untuk bijak dalam dunia digital.

BERITA TERKAIT