04 July 2022, 18:15 WIB

Tidak Mengandung Nikotin, Vape Berisi Ramuan Herbal Raih Muri


Mediaindonesia.com |

BIASANYA vape berisi cairan nikotin layaknya rokok. Namun, vape yang ini sama sekali tidak mengandung nikotin. Vape inovasi terbaru ini mengandung ramuan herbal yang diyakini mendatangkan kesehatan.

CEO MOVI Group, Tay Ferdinand, menerangkan pihaknya memproduksi vape mengandung cairan ramuan herbal karena terinspirasi dari keyakinan ada manfaat kesehatan saat hal itu diminum. Vape buatannya mengandung empon-empon, wedang jahe, bajigur, dan wedang sereh. 

"Kami berharap vape mengandung cairan dari empat ramuan herbal itu mendatangkan kesehatan bagi pengisapnya sebagaimana masyarakat meminumnya. Vape ini sepenuhnya berisi herbal tanpa nikotin," tutur Ferdinand dalam keterangan resmi, Senin (4/7).

Namun untuk memastikan khasiat ramuan herbal yang dikonsumsi dengan sistem penguapan (vaporizer) sama dengan yang diminum masyarakat, pihaknya tengah melakukan penelitian bersama lembaga ilmu pengetahuan. Meskipun begitu, inovasi tersebut meraih acungan jempol dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) pada Kamis (30/6).

MOVI dan PT Puf Sains Lab mendapatkan penghargaan Muri sebagai perusahaan bioteknologi pertama yang menciptakan e-liquid herbal (tanpa nikotin). Bukan hanya satu, sejatinya pada pekan lalu itu perusahaan juga menyabet rekor Muri untuk dua kategori lagi yakni perusahaan bioteknologi pertama yang memiliki hak paten di Indonesia dan mancanegara serta perusahaan bioteknologi pertama yang menemukan nicotine salt berbahan alami. Pihaknya mengapresiasi penghargaan itu.

Tahun lalu perusahaan dianugerahi penghargaan oleh Leprid (Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia) untuk ketiga inovasi. "Kami juga menggandeng UMKM lokal untuk bekerja sama memajukan industri ini di Tanah Air," imbuhnya. Pihaknya pun selalu berinovasi dengan produk yang diciptakan berdasarkan ilmu pengetahuan, teknologi dengan standar internasional, dan dikerjakan sendiri oleh anak bangsa, serta mengutamakan sumber daya alam Indonesia. 

Baca juga: Niat Puasa Sunah Zulhijah Menjelang Iduladha

Wakil Direktur Utama Muri Osmar Semesta Susilo dan mengatakan pihaknya percaya bahwa penciptaan tiga rekor ini bukan yang terakhir untuk Puf Sains Lab. Ia berharap perusahaan tersebut akan selalu berjaya di Nusantara serta suatu hari nanti akan go international.

PT Puf Sains Lab merupakan perusahaan bioteknologi pemimpin di teknologi VNS (Vapor Not Smoke) dan ENDS (Electronic Nicotine Delivery System) yang melalui MOVI sebagai distributor memasarkan sejumlah merek terkenal di kalangan milenial. NICSAL99+ dan FB99+ merupakan teroboson canggih di bidang nikotin halus tanpa sedak. Produk lain yang menjadi pemimpin pasar di kelasnya antara lain device yaitu Kuy Pod yang terjual lebih dari 1 juta unit, Aflo Pod, dan Kuy Pod Mod. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT