03 July 2022, 20:15 WIB

Alissa Wahid Minta Petugas Bimbingan Ibadah Haji Perempuan Ditambah


Susanto  |

ANGGOTA Tim Pemantauan dan Evaluasi Kemenag Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid meminta kepada Kementerian Agama untuk menambah petugas di bidang Bimbingan Ibadah (Bimbad) dari unsur perempuan.

Selama ini, diketahui petugas di Bimbad sangat minim perempuan. Hal itu pun dikeluhkan sejumlah jemaah perempuan. Alissa Wahid, sapaan akrabnya, melakukan kunjungan ke kamar hotel jemaah di Sektor 5 pada Minggu (3/7).

"Bimbad memang kurang dari unsur perempuan. Padahal, 57% total jemaah tahun ini adalah perempuan. Petugas haji lebih banyak laki-laki. Bimbadnya juga banyak laki-laki. Bimbad perempuan memang ada, tapi jumlahnya sedikit," tutur Alissa.

Baca juga: Ini alasan Mengapa Pesawat Terbang Tidak Boleh Melintas di Atas Kakbah

Pihaknya berharap setiap sektor dapat menyediakan petugas Bimbad perempuan untuk jemaah perempuan. Seusai meninjau jemaah, Alissa meyakini bahwa semua pelaksanaan haji dapat berjalan lancar. 

"Semoga seluruh jemaah sehat. Angka kejadian fatal menurun. Semua kembali ke Indonesia dengan selamat dan menjadi haji mabrur," harapnya.

Menyoroti pelayanan dan akomodasi, dari pengakuan para jemaah, lanjut Alissa, menyatakan apresiasi. Bahkan, ada yang menangis, karena bisa menikmati fasilitas dan pelayanan prima selama beribadah. 

Baca juga: Calon Haji Bervisa tidak Resmi Dipulangkan ke Indonesia

"Mereka juga sangat kompak. Petugas juga sangat sepenuh hati melayani jemaah," terang Alissa.

Jemaah juga mendapatkan cerita pengalaman dari jemaah terdahulu, jika pemondokannya tidak bagus. "Ternyata, tidak demikian. Semua difasilitasi dengan baik dan dibantu dengan baik. Sekarang makan tiga kali sehari. Dulu hanya dua kali. Semoga ini menjadi perbaikan secara permanen," imbuhnya.

Terakhir, putri mantan Presiden RI Gus Dur turut meminta para jemaah mendoakan Indonesia dan Kementerian Agama. "Supaya dapat melayani dengan maksimal. Lalu, pemerintah bisa membuat penyelenggaraan haji bisa berkesinambungan," ucap dia.(OL-11)

BERITA TERKAIT