24 June 2022, 16:09 WIB

Kemenkes Masih Lakukan Investigasi pada 30 Kasus Hepatitis Akut Misterius


Atalya Puspa |

KEMENTERIAN Kesehatan tengah melakukan investigasi terhadap 30 kasus hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengungkapkan, dari 30 kasus tersebut, sebanyak 16 kasus telah masuk dalam kategori probable dan 14 kasus masih dalam pending clasification

"Sejak awal di Indonesia sudah ada 70 kasus kumulatif di mana 40 kasus sudah disingkirkan kaarena sudah diketahui penyebabnya jadi bukan tergolong dalam hepatitis akut. Lalu, kasus-kasus yang ada saat ini tersebar di 21 provinsi," kata Syahril dalam konferesi pers yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (24/6). 

Baca juga: Jemaah Haji RI yang Wafat Bertambah Jadi 11 Orang

Syahril mengungkapkan, dari 16 kasus probable, sebanyak 56,25% adalah perempuan dan 43,75% adalah laki-laki. Sementara itu, pasien terdiri dari usia 0 sampai 16 tahun. 

Dari kasus-kasus yang ada, gejala yang paling banyak ditemukan ialah demam, mual, muntah, kuning dan gatal.

Syahril mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan patogen pada pemeriksaan PCR dan metagenomi pada 16 kasus probable. Dari pemeriksaan itu, paling banyak ditemukan adalah cytomegalovirus (CMV). Selain itu, ada pula yang terdeteksi virus dari famili herpesviridae, eternovirus dan adenovirus. 

"Ini masih menjadi catatan bagi kita untuk menunggu keputusan WHO untuk konfirmasi hepatitis akut yag belum diketahui penyebabnya ini," ucap dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT