23 June 2022, 23:43 WIB

Wapres Instruksikan Desa Sangat Tertinggal pada 2024


Kautsar Widya Prabowo |

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginstruksikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk menyelesaikan persoalan desa tertinggal. Ke depan, ia tidak ingin ada lagi desa tertinggal.

"Kementerian Desa PDTT (harus) bekerja keras agar pada tahun 2024 sudah tidak ada lagi desa tertinggal dan sangat tertinggal," ujar Ma'ruf dalam acara Penghargaan Program CSR BUMN/Swasta dan Promisi Desa Wisata Nusantara, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/6).

Selain itu, Wapres menyebut saat ini desa menjadi titik awal pengungkit pemulihan ekonomi masyarakat. Sehingga pemerintah mendorong ekonomi desa untuk terus bergerak. Melalui program pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Keberadaan BUMDes diharapkan mampu mengoptimalkan potensi lokal melalui bidang usahanya, sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat desa," tuturnya.

Salah satu cara untuk mengoptimalkan BUMDes, menurut Wapres adalah dengan melibatkan tokoh penggerak desa. Selain itu, sambung Wapres, keberhasilan pembangunan desa tetap harus ditopang oleh partisipasi aktif sumber daya manusia (SDM)
setempat.

"Saya juga meminta BUMN/swasta dan BUMDes terus bersinergi mendukung pembanguan desa. Dukungan BUMN dan swasta untuk memberdayakan BUMDes diharapkan dapat mempercepat pembangunan ekonomi perdesaan pascapandemi," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT