23 June 2022, 13:58 WIB

Jemaah Haji Indonesia yang Wafat Bertambah Jadi 10 Orang


Dinda Shabrina |

JEMAAH haji Indonesia yang wafat di Arab Saudi bertambah satu orang, yakni pria asal Solo bernama Subagi Darsono Daud bin Darsono dengan usia 60 tahun. 

Hingga saat ini, total jemaah haji yang wafat di Tanah Suci mencapai 10 orang. Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Silvana mengatakan penyebab jemaah haji yang wafat dalam tiga terakhir akibat serangan jantung.

"Masih terkait cardiovaskular disease, iya penyakit jantung," jelas Budi, Kamis (23/6).

Baca juga: Kemenkes Pastikan Keamanan Makanan Jemaah Haji Indonesia

Berdasarkan data rujukan Kementerian Agama dari PPIH Arab Saudi, jemaah Indonesia yang sakit sebanyak 477 orang. Rinciannya, 302 orang rawat jalan, 142 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKIH) dan 3 orang dirawat di RS Arab Saudi.

“Kami selalu mengimbau jemaah haji untuk membatasi aktivitas di luar ruangan. Selalu memakai alas kaki, jangan menunggu haus untuk minum," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin dalam konferensi pers.

Baca juga: Kemenag: Pelaksanaan Haji Berjalan Baik

"Menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup. Perhatikan kesehatan diri sendiri dan tidak memaksakan untuk selalu salat di Masjidil Haram,” imbuhnya.

Adapun jemaah haji yang akan diberangkatkan pada Kamis (23/6) ini sebanyak 11 kelompok terbang (kloter) dari tujuh embarkasi. Rinciannya, yaitu Balikpapan, Batam, Jakarta Saudi Airlines, Lombok, Solo, Surabaya dan Makassar.

“Jumlahnya sebanyak 4.429 orang. Sehingga, total yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 57.100 dan jemaah haji khusus sebanyak 1.827 orang,” papar Akhmad.(OL-11)

BERITA TERKAIT