22 June 2022, 23:40 WIB

Bertambah 2 Orang, Total 9 Jemaah Haji Meninggal Dunia


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

JURU Bicara (Jubir) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa jemaah calon haji yang wafat per hari ini bertambah 2 orang. Sehingga total jemaah haji yang wafat di Tanah Suci berjumlah 9 orang.

"Jemaah wafat bertambah 2 orang, atas nama Suharno Muhammad Sujin, laki-laki, 63 tahun, Nomor Paspor C 1150241, kloter CKG10 (Jakarta), dan Rohma Erviana Prasetyawati, perempuan usia 57 tahun nomor paspor x1092752," kata Akhmad Fauzin dalam keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (22/6).

Sehingga sampai saat ini jumlah jemaah wafat sebanyak 9 orang. Lanjutnya, pemerintah akan membadalhajikan jemaah yang wafat sebelum wukuf.

Adapun jemaah haji sakit sebanyak 151 orang, 98 orang rawat jalan, 7 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 8 orang dirawat di RSAS.


Baca juga: Separuh Jemaah Haji Indonesia Telah Berada di Mekah


Akhmad menyampaikan kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini dilaporkan bahwa suhu tertinggi 46 derajat Celcius dan suhu terendah 32 derajat Celcius.

"Kami selalu mengimbau kepada jemaah haji membatasi aktivitas di luar ruangan, selalu memakai alas kaki, Jangan menunggu haus untuk minum, menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu serta istirahat yang cukup," ujarnya.

Kemudian perhatikan kesehatan diri sendiri dan tidak memaksakan untuk selalu salat di Masjidil Haram.

"Kami sampaikan agar cepat tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan, terutama ketika di masjid baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram,"

Dia menambahkan kepada seluruh petugas agar selalu mengingatkan jemaah begitu juga jemaah agar selalu mengingatkan demi kesehatan bersama. (S-2)

BERITA TERKAIT