22 June 2022, 19:56 WIB

Kasus PMK Menyebar di Lima Kabupaten di Bengkulu


Marliansyah |

KASUS penyakit mulut dan kukylu (PMK) telah meluas di lima kabupaten di Provinsi Bengkulu dalam sepekan terakhir. Lima kabupaten yang terserang PMK adalah Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, dan Bengkulu Selatan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi di Bengkulu, mengatakan, kasus PMK di Bengkulu, telah meluas sehingga lima kabupaten ditemukan PMK. "PMK telah meluas dan ternak harus divaksin serta akan pengajuan vaksin ke pemerintah pusat dengan jumlah dosis atau kebutuhan masih mendata populasi ternak terancam PMK," katanya.

Untuk saat ini, lanjut dia, dinas peternakan juga sedang melakukan pendataan populasi ternak yang terancam terserang PMK untuk memastikan jumlah vaksin yang akan diajukan ke Pemerintah Pusat.

Kasus PMK di Kabupaten Kepahiang, sebanyak 55 kasus, Rejang Lebong, 190 kasus, Bengkulu Utara, satu kasus, Seluma 19 kasus dan terbaru Bengkulu Selatan, satu kasus.

Sebelumnya, hanya empat kasus PMK dan untuk kasus terbaru bertambah yakni, Bengkulu Selatan, saat ini masih menunggu hasil dari laboratorium di Lampung. Untuk kasus di Kabupaten Bengkulu Utara, sudah diatasi dengan cara disembelih karena hanya satu kasus dan langkah tersebut diambil agar tidak menyebar ke ternaik lain. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT