21 June 2022, 23:15 WIB

Satgas Kembali Imbau Disiplin Prokes Hadapi Varian Baru


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat selalu disiplin protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan covid-19. Upaya itu perlu dibarengi pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Apapun variannya, dengan disiplin prokes dan PHBS kita akan terhindar dari virus apapun di manapun,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (21/6)

Wiku mengatakan lonjakan kasus covid-19 tidak terlepas dari meningkatnya aktivitas masyarakat. Apalagi, muncul varian baru yaitu BA.4 dan BA.5.

“Pemerintah selalu memonitor dan berusaha mencegah penularan covid-19,” imbuhnya

Wiku memerinci PHBS mulai dari mencuci tangan, memakai masker, menghindari menyentuh wajah saat tangan kotor, dan tidak ke luar rumah saat sakit. Kemudian menghindari bersentuhan, rutin desinfeksi, menghindari kerumunan, serta mengonsumsi makanan bergizi.

“Selain itu, minum air yang cukup, aktif secara fisik, tidur yang cukup, dan menjaga kesehatan mental,” papar dia.

Wiku menyebut PHBS penting agar beban kesehatan tidak meningkat di tengah transisi menuju endemi covid-19. Masyarakat disarankan tetap melakukan PHBS setelah pandemi usai.

“PHBS diharapkan menguatkan mobilisasi masyarakat yang lebih sehat walau nanti pandemi covid-19 dinyatakan berakhir,” pungkas Wiku. (OL-8)

BERITA TERKAIT