21 June 2022, 23:12 WIB

Gelar Rapat Formatur di Titik Nol Indonesia, DPP KNPI Kebut Penyusunan Kepengurusan


Mohamad Farhan Zhuhri |

DPP KNPI pimpinan Haris Pertama mempercepat penyusunan kepengurusan dengan melaksanakan rapat Formatur. Rapat tersebut berlangsung di Pulau Weh Kota Sabang, Aceh pada 17-20 Juni 2022. 

"Hari ini menjadi sejarah bagi pemuda, kita laksanakan rapat formatur yang kedua dilaksanakan di Pulau Weh Kota Sabang, Aceh", kata Haris dalam keterangan resminya,  Selasa (21/6).

Haris menjelaskan pemilihan rapat formatur di titik nol Kota Sabang ini bukan tanpa sebab, karena sebagai momentum simbol perekat persatuan dan kesatuan pemuda. 

"Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Selain itu, rapat formatur ini sebagai momentum semangat persatuan pemuda", ucap Haris. 

Selain itu, lebih lanjut Haris menambahkan pentingnya generasi muda memahami wawasan nusantara dan mensyukuri keindahan alam Indonesia. 

Baca juga : Lembaga Riset: Jumlah Perokok Naik Selama Pandemi

"Kita laksanakan rapat di Pulau Weh, Kota Sabang bukan saja hanya sekedar rapat penyusunan kepengurusan, tapi mengingatkan generasi muda bahwa Kota Sabang ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia, tetapi bagaimana kita anak muda mensyukuri panorama alam Kota Sabang yang amat begitu indah, sehingga kita makin mencintai Indonesia", jelas Haris. 

Sekretaris Formatur, Choir Syarifuddin menerangkan pembahasan rapat formatur kedua yang berlangsung sejak 17-20 Juni 2022 menghasilkan beberapa keputusan penting. 

"Alhamdulillah rapat formatur yang kedua berjalan secara musyawarah mufakat ini menghasilkan beberapa keputusan penting, seperti perampingan jumlah pengurus agar lebih efektif, penetapan nama-nama pembidangan dan pengisian nama nominatif calon pengurus berdasarkan rekomendasi OKP berhimpun, DPD KNPI Provinsi dan unsur potensi pemuda", ucap Choir. 

Choir juga mengucapkan rasa terimakasih atas fasilitasi pelaksanaan rapat formatur ini kepada Ketua KNPI Provinsi Aceh Bung Wahyu Saputra beserta jajaran dan menjelaskan ada agenda penting pasca rapat formatur kedua ini antara lain menetapkan pelaksanaan rapat finalisasi yang akan dilaksanakan di IKN Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur. 

"Terimakasih Ketua KNPI Provinsi Aceh telah memfasilitasi rapat ini, selanjutnya Insha Allah kita targetkan susunan kepengurusan ini dapat rampung pada rapat formatur yang ketiga di IKN, setelah itu kita laksanakan pelantikan pengurus di Kota Yogyakarta pada tanggal 23 Juli 2022", beber Choir. (OL-7)

BERITA TERKAIT