21 June 2022, 22:30 WIB

Satgas: Vaksin Booster Lindungi Warga dari Varian Baru


Theofilus Ifan Sucipto |

SATGAS Penanganan Covid-19 mendorong masyarakat untuk segera divaksinasi covid-19 dosis ketiga atau booster. Dengan begitu, masyarakat semakin aman dari risiko penularan covid-19. 

"Vaksin booster semata-mata agar kita dan orang lain, khususnya kelompok rentan, lebih terlindungi dari varian baru," tutur Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Selasa (21/6).

Menurutnya, pemerintah berupaya meningkatkan distribusi vaksin covid-19 ke seluruh daerah. Upaya itu disertai dengan sosialisasi yang masif terkait pentingnya vaksin dosis booster.

Baca juga: Dana Cadangan Kesehatan Raup Komitmen US$1 Miliar

"Indonesia berusaha meningkatkan ketahanan terhadap dinamika penularan virus, dengan meningkatkan cakupan vaksinasi booster," imbuh Wiku.

Selain itu, pemerintah mewajibkan vaksinasi booster, khususnya bagi peserta kegiatan besar. Sehingga, masyarakat semakin terpacu untuk melengkapi vaksin tiga dosis.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, IDI Minta Tes PCR Diberlakukan Kembali

Presiden Joko Widodo sebelumnya menginstruksikan percepatan pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga. Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin seusai menghadiri rapat terbatas soal vaksin covid-19 kedaluwarsa.

"Bapak Presiden menyampaikan ini (capaian) booster baru 25%. Agar boosternya diperbanyak, karena kita sekarang sudah 412 juta dosis yang diberikan. Dosis pertamanya juga sudah tembus 200 juta," papar Budi beberapa waktu lalu.(OL-11)

BERITA TERKAIT