20 June 2022, 08:05 WIB

Jemaah Haji Sakit 159 Orang, Separuhnya Dirawat


Zubaedah Hanum |

PENGIRIMAN gelombang pertama jemaah haji berakhir pada Sabtu (18/6) dan gelombang kedua mulai dilakukan sejak Minggu (19/6). Dari puluhan kloter yang sudah diterbangkan, terdapat sejumlah jemaah yang sakit mencapai 159 orang.

"Terkait data jemaah haji sakit, sebanyak 159 orang, terdiri atas 76 orang rawat jalan, 83 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dan 2 orang dirawat di RSAS Madinah,” jelas Juru Bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin dilansir dari laman Kementerian Agama.

Selain itu, tambah Fauzin, jumlah jemaah wafat bertambah 1 orang atas nama Purnomo Sukariyo Sastro, 61 tahun, dari kloter SOC15. Sehingga, sampai saat ini jumlah jemaah wafat sebanyak 6 orang.

Akhmad Fauzin kembali menegaskan bahwa pemerintah akan membadalhajikan jemaah yang wafat sebelum wukuf. Sehubungan kondisi cuaca di Arab Saudi yang sangat panas, jemaah haji Indonesia diimbau membatasi aktivitas di luar ruangan, selalu memakai alas kaki, dan tidak menunggu haus untuk minum. Jemaah haji juga diminta menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu, serta istirahat yang cukup.

“Kami perlu sampaikan agar jemaah tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika di masjid, baik di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram," seru Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Setjen Kemenag itu. (H-2)

BERITA TERKAIT