18 June 2022, 13:38 WIB

BEM Unair Nilai Kebijakan Digitalisasi Jokowi Dorong Kualitas SDM


Mediaindonesia.com |

BADAN Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Airlangga (Unair) menilai perkembangan sektor teknologi digital di era Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) kian pesat. Kebijakan Jokowi mampu membuat sumber daya manusia (SDM) semakin berkembang. 

Hal itu diungkapkan Presiden Mahasiswa BEM Unair Yoga Haryo Prayogo dalam sambutannya pada Kuliah Tamu Merah Putih Fund bertajuk Strategi Pemerintah Untuk Indonesia Berdikari Dalam Membangun Ekosistem Teknologi di Universitas Airlangga, Surabaya. 

Dalam acara yang turut dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ini, Yoga juga menyampaikan pesatnya kemajuan teknologi digital di Tanah Air tak terlepas dari berbagai kebijakan yang telah digenjot Jokowi sampai saat ini.

Ia menambahkan, kebijakan tersebut berimbas pada peningkatan SDM Indonesia. Khususnya bagi para anak muda yang akan menjadi poros utama kemajuan bangsa ke depan.

"(Soal kebijakan digital Jokowi) sebenarnya dengan adanya arus informasi yang cukup cepat. Sehingga hal tersebut akhirnya bisa menjadi suatu peluang untuk mengembangkan sumber daya manusia," ujar Yoga.

Lebih lanjut dia menyebut berbagai upaya terus dilakukan Jokowi dalam memajukan sektor teknologi bahkan selama perjalanan pemerintahan yang telah memasuk periode kedua. Karenanya perlu terus untuk dikawal secara seksama.

"Upaya-upaya untuk akhirnya memeratakan berkaitan dengan teknologi digital ini sudah mulai merambah ke seluruh wilayah Indonesia," ujar Yoga. 

Sebab dia menilai meski pelaksanaannya terus diakselerasikan Jokowi akan tetapi dia menginginkan realisasinya perlu lebih ditingkatkan. Sehingga kebermanfaatan yang dihadirkan mampu dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Mungkin di beberapa daerah masih menjadi sesuatu yang dikritisi. Tapi upaya upaya untuk menuju ke sana itu sudah mulai terbangun," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT