17 June 2022, 21:24 WIB

Usung Kekayaan Budaya dan Alam melalui Kolaborasi Tiga Generasi


Mediaindonesia.com |

INDONESIA merupakan negara dengan beragam kekayaan alam dan budaya. Kekayaan ini menjadi budaya leluhur yang bernilai tinggi dan wajib diwariskan ke setiap generasi Indonesia. 

Memiliki kemampuan dan inovasi serta ide-ide kreatif menjadi jembatan bagi para siswa menggapai impian mereka. Kemampuan ini didukung pula dengan keberagaman budaya dan alam yang menjadi salah satu komponen penting yang mendukung keunggulan industri kreatif Indonesia di mata dunia.

USG Education selaku institusi pendidikan internasional paham benar atas kepentingan ini. Secara konsisten, USG selalu menjadikan kultur Indonesia sebagai bagian dari kompetensi para siswanya agar mereka memiliki pendidikan berwawasan global tetapi tetap memiliki nilai-nilai luhur dan kearifan lokal.

Presiden Direktur USG Education, Adhirama Gumay, menjelaskan pihaknya terus memantapkan peran sertanya dalam memajukan industri kreatif di Indonesia dengan mengadakan kegiatan akademis yang mendekatkan siswa dengan praktik langsung di industri kreatif melalui UIC for Hope Festival Reinventing Heritage. USG bekerja sama dengan yayasan gerakan sosial Hope (Gelang Harapan) yang didirikan oleh tiga sahabat Wulan Guritno, Amanda Gratiana Soekasah, dan Janna Soekasah Joesof. Perhelatan yang dilakukan di Neo Soho Central Park, Jakarta Barat, menampilkan karya kreatif lintas generasi di bidang fesyen, desain, dan musik. "Sebagai pembuka kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut, 17-19 Juni 2022, 100 siswa UIC College dari tiga kampus akan menampilkan ide UMKM Bisnis di hadapan para juri yang terdiri dari para profesional," ujarnya.

Ketua Umum BPC Hipmi Jakarta Barat Rika Amelia menyampaikan bahwa pendidikan inklusif yang turut mengedepankan kepedulian lingkungan dan warisan budaya merupakan suatu korelasi yang berkesinambungan dalam membantu pembentukan karakter generasi sejak dini secara optimal. "Generasi muda memegang peran besar sebagai promotor perilaku peduli budaya bangsa. Kami sangat mendukung serta memberikan ruang terbuka selebar-lebarnya bagi para siswa USG Education untuk berperan dan dapat mengomunikasikan hal tersebut melalui berbagai aksi kreatif, inovatif, dan sosial," tambah Rika 

Acara puncak UIC for Hope Festival akan menampilkan tiga generasi perancang busana dalam tema Reinventing Heritage yang terdiri dari desainer senior Ghea Panggabean dengan pengalaman 40 tahun berkarya dan senantiasa mengangkat tekstil dan budaya Indonesia dalam setiap rancangannya. Kemudian Ghea Resort by Amanda Janna yang senantiasa menyebarkan kesadaran mengenai alam dan budaya Indonesia dengan tema Harimau Sumatra dan Suku Mentawai. Rinda Salmun akan mengangkat tema Sustainability bersama siswa UIC Fashion BSD Beverly Hanson, Jennifer Patricia, Patricia Saputra, dan Graciella Violetta.  

Aimee Sukesna selaku USG Education Head of BSD Campus menyampaikan pendidikan merupakan kunci kemajuan bangsa di dunia. Melalui kegiatan-kegiatan berkelanjutan seperti ini, USG berharap dapat memberikan kontribusi kepada dunia dalam menghasilkan talenta-talenta muda berbakat yang mempunyai entrepreneurial mindset dan dapat mempromosikan industri kreatif ke dunia internasional. Hal ini pun harus diiringi dengan penanaman jiwa sosial yang dapat mendorong generasi era digital untuk turut serta dalam mencari solusi berbagai permasalahan di dunia.  

Hope dan USG Education melalui program UIC College memiliki visi yang sama untuk mewujudkan suatu kegiatan yang bertujuan membangkitkan kembali harapan dan semangat berbagi di antara masyarakat. Sebelumnya, HOPE (Gelang Harapan) juga telah melakukan kolaborasi Bersama UIC College pada bulan Januari 2022. "Suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bertiga untuk bisa bertemu dengan para siswa USG Education. Semangat mereka kembali mengingatkan kami pada awal gerakan Gelang Harapan kami dirikan di 2014. Regenerasi seperti ini ialah hal yang menjadi misi utama dari program Future Warrior of Hope dari Gelang Harapan," ujar Amanda Gratiana selaku salah satu pendiri dari Gelang Harapan. 

Ariyani Mawardi selaku Head of USG Education Kelapa Gading Campus menegaskan program institusinya tidak pernah melewatkan peluang dalam mempersiapkan pemimpin muda Indonesia untuk terus berbagi dan siap menghadapi gejolak kompetensi global yang semakin mengerucut. USG terus melakukan inovasi dan berorientasi pada metode pembelajaran yang lebih modern, memperluas jaringan global networking, mempertajam kualitas tenaga pendidik dalam budaya digital agar selalu bersinergi dengan perkembangan dunia tanpa melupakan warisan budaya Indonesia. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT