17 June 2022, 18:24 WIB

Jokowi : 800 Ribu Vaksin PMK Sudah Tiba di Tanah Air


Indriyani Astuti |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sebanyak 800 ribu vaksin penyakit mulut dan kaki (PMK) tahap kedua untuk hewan ternak telah tiba di tanah air, Jumat (17/6). Ia meminta vaksinasi segera didistribusikan dan diberikan pada hewan ternak guna mencegah penyakit semakin meluas.

"Tapi tadi malam alhamdulillah vaksin 800 ribu sudah datang. Ini yang segera cepat harus segera kayak Covid-19 lagi. Suntikkan. Cepat, cepat, cepat, supaya bisa lindungi sapi-sapi yang lain," ujar presiden pada media seusai menghadiri 'Silaturahmi Alumni Kartu Prakerja' yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (17/6).

Baca juga: Untuk Cegah Dehidrasi, Jamaah Haji Diingatkan Minum Oralit

Kementerian Pertanian (Kementan) juga telah memberlakukan penutupan wilayah ( lockdown) di beberapa kabupaten di Indonesia untuk mencegah semakin meluasnya wabah PMK. Menurut presiden hal itu yang penting dilakukan. Namun, presiden mengatakan penyebaran penyakit sangat cepat layaknya virus Covid-19.

"Yang paling penting pertama sudah di-lockdown. Tapi memang berkembangnya ini kayak Covid. Cepat lewat media apapun ya padahal sudah diblok Kementan dan kepolisian. Tapi nyatanya cepat sekarang sudah (menyebar) di 18 provinsi dan 190 kabupaten/ kota," tukas presiden. (OL-4)

BERITA TERKAIT