12 June 2022, 17:00 WIB

Hari Ini, 8 Kloter Jemaah Haji Bertolak ke Tanah Suci


Dinda Shabrina |

MASA operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini memasuki hari ke delapan, dengan jumlah jemaah yang tiba di Madinah sebanyak 2.323 orang.

Sehingga, total jemaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 19.935 orang.

"Sebagai catatan, bahwa kami merilis data laporan setiap harinya dengan cut off setiap jam 00.00 WAS atau jam 04.00 WIB," jelas Juru bicara Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat Akhmad Fauzin dalam konferensi pers, Minggu (12/6).

Adapun keberangkatan jemaah haji Indonesia pada hari ini, yang akan diberangkatkan sebanyak 8 kloter dari 6 embarkasi. Rinciannya, BDJ, JKG, JKS, MES, SOC dan SUB, dengan jumlah mecapai 3.226 orang.

Baca juga:

Rinciannya: Jemaah Calon Haji Diminta Waspadai Heat Stroke

BDJ (Banjarmasin): 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang

JKG: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 393 orang

JKS: 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 820 orang

MES: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 393 orang

SOC: 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 360 orang

SUB: 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas 900 orang

"Jemaah akan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah dan jemaah akan tinggal di Kota Nabi. Lalu, menjalani berbagai rangkaian ibadah dan ziarah di Madinah," katanya.

Baca juga: 145 Petugas Kesehatan Siap Layani Jamaah Calon Haji di Mekkah

"Selanjutnya, jemaah diberangkatkan menuju Makkah untuk melaksanakan umrah wajib dan berbagai ibadah lainnya, sampai dengan selesainya seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji," imbuh Akhmad.

Mulai hari ini, jemaah haji yang masuk kloter awal akan diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib, dengan mengambil miqat di Zulhulaifah, atau lazim disebut Bir Ali maupun Abyar Ali. 

Setelah sampai Makkah dan selesai melaksanakan umrah wajib, jemaah akan melanjutkan aktivitas ibadah lainnya yang bersifat sunnah. Itu dilakukan hingga menjelang pelaksanan wukuf dan rangkaian ibadah haji lainnya.

"Mengingat waktu pelaksanaan puncak ibadah haji masih lama dan cuaca yang cukup panas, kami mengimbau jemaah untuk tetap menjaga kesehatan sebaik-baiknya," pungkasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT