09 June 2022, 14:54 WIB

Media Indonesia Raih Juara 2 KASAU Awards


Yakub Pryatama Wijayaatmaja |

UPAYA menjaga wilayah udara di Indonesia bukanlah perkara gampang. Pun kehadiran alat utama sistem senjata (alutsista) menjadi faktor penting dalam mendukung dan mengontrol keamanan di ruang tersebut.

Baca juga: Memastikan Setiap Ancaman Udara Dapat Diantisipasi

Apalagi, masuknya pesawat asing di perbatasan NKRI yang memaksa jajaran TNI Angkatan Udara melalui perangkatnya mengambil tindakan tegas juga sudah sering terjadi. Jika dianalogikan, pertahanan suatu negara adalah pagar rumah dan harus selalu dijaga guna mengantisipasi ancaman bahaya yang datang dari luar.

Demikian intisari artikel Memastikan Setiap ancaman Udara Dapat Diantisipasi karya jurnalis Media Indonesia, Golda Eksa, saat dibacakan sebagai nominator dalam acara KASAU AWARDS 2022: Ajang Apresiasi Insan Jurnalis Nasional, di Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (9/6).

Jurnalis Media Indonesia keluar sebagai juara dua untuk kategori artikel isu strategis media cetak/online. Juara satu diraih jurnalis Airspace-review.com dan juara ketiga disabet pewarta suarapemredkalbar.com. "Kehadiran alutsista demi menjaga kedaulatan udara di negeri ini sangat dibutuhkan. Modernisasi alutsista tentu akan membuat Indonesia semakin disegani, terutama di kawasan. Itu harapan saya," kata Eksa.

Selain artikel isu strategis, ada tiga kategori lain yang diperlombakan, yaitu artikel isu humanis media cetak/online, artikel media berita televisi, dan artikel foto jurnalistik.

Jurnalis Metro TV asal Pekanbaru, Fitra Asrirama meraih jura 2 kategori media televisi. Ia mengangkat profil seorang pilot F-16 yang berlatarbelakang etnis Tionghoa. Fitra ingin menginformasikan tidak adanya diskriminasi dalam kesatauan TNI AU.

Dalam ajang yang bertepatan dengan HUT ke-76 TNI-AU ini, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, mengucapkan selamat kepada para pemenang. Abituren Akademi Angkatan Udara (AAU) 1988 ini juga mengapresiasi atas seluruh karya yang ditampilkan jurnalis. Tercatat, ada 265 artikel dari 111 jurnalis yang masuk ke meja juri, periode April 2021 sampai 20 Mei 2022.

Selain mengikuti lomba tulis yang digelar TNI-AU, jurnalis Media Indonesia, Golda Eksa juga pernah meraih juara pada Lomba Karya Jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) TNI-AD. Pada 2019 meraih juara 1 dengan judul artikel Sejumput Asa untuk Masyarakat Desa Hayub, dan pada 2017 juara 2 dengan judul artikel Membentuk Keluarga Baru di Kampung Sunyi. (OL-12)

BERITA TERKAIT