08 June 2022, 10:42 WIB

Peringati Hari Lingkungan Dunia, BRI Insurance Tanam 2000 Bibit Mangrove


mediaindonesia.com |

BERTEPATAN dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Minggu (5/6), BRI Insurance (BRINS) turut berpartisipasi dalam acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) untuk penanaman bibit mangrove di Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove di daerah Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara.

Melalui kegiatan corporate social responsibility (CSR), BRINS melakukan penanaman 2000 bibit Mangrove bersama Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi (STMA) Trisakti yang secara
konsisten sudah terselenggara selama 4 tahun.

Dalam keterangan pers, Rabu (8/6), Corporate Secretary BRINS, Jesben Silalahi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan wujud implementasi CSR BRINS Peduli dan sudah menjadi komitmen BRINS untuk turut meningkatkan kelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Turut hadir dalam acara ini Bimo Prakoso Ketua Umum Badan Pengurus Yayasan Trisakti, Antonius Anton Lie Ketua STMA Trisakti, Arie Fajar Septa Perwakilan Dinas Pertamanan
Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Noviyanto Kepala Bagian Umun LLDIKTI Wilayah 3, M Ridwan Perwakilan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dewan Asuransi Indonesia (DAI), serta
perusahaan asuransi dan reasuransi yang mendukung terselenggaranya acara penanaman bibit mangrove ini sebanyak 2.250 Pohon Mangrove.

Baca juga: Perusahaan Swasta Dukung Gerakan Rehabilitasi Mangrove Pesisir Kalsel

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah World Environment Day, Mangrove For Better Life "Implementasi Program Keuangan Berkelanjutan Dalam Upaya Mitigasi Risiko Bencana Perubahan Iklim Melalui Perluasan Hutan Mangrove". 

Tema ini di ambil karena sangat erat kaitannya bagi industri perasuransian yang mana memitigasi risiko ini merupakan salah satu bentuk semangat dan pengenalan manajamen risiko bagi SDM perasuransian maupun mahasiswa STMA Trisakti.

Ketua Pelaksana Kegiatan PKM Professor Rukaesih A Maolani menyampaikan dalam sambutannya, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menanggapi isu pemanasan
global dan perubahan iklim yang telah terjadi dan dampaknya telah kita rasakan.

Untuk itu program ini akan terus secara konsisten dilaksanakan untuk memitigasi risiko perubahan iklim serta untuk mengurangi konsentrasi dari gas rumah kaca (GRK) yang mana dapat diserap dan digantikan oleh oksigen dari Tanaman Mangrove ini nantinya.

Hal ini sejalan dengan komitmen BRINS untuk terus konsisten dalam memaksimalkan green operation dengan memperhatikan aspek-aspek Environment, Social, Governance (ESG) untuk mencapai Social Development Goals (SDGs) dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

Seperti yang diketahui, berbagai upaya telah dilakukan BRINS untuk meningkatkan kelestarian lingkungan yang dioptimalkan dilingkungan kantor dengan menghemat operation
cost lebih dari 10 persen dengan menerapkan green operation.

Selain itu BRINS juga terus melakukan berbagai inisiatif ramah lingkungan, diantaranya launching product Greensurance dan berbagai upaya yang disalurkan melalui program CSR lainnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT