07 June 2022, 20:03 WIB

Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan dan Pencernaan


M Iqbal Al Machmudi |

KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan probiotik secara ilmu memberikan keuntungan kepada pencernaan manusia dan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Selain itu probiotik membuat badan mampu menjaga dari mikroorganisme dan mengembalikan badan kita ke keadaan yang sehat dan mempengaruhi seluruh respon imun dari badan kita," kata Penny dalam Seminar Sains yang diadakan secara daring, Selasa (7/6).

Probiotik mempunyai potensi sebagai suplemen untuk ketahanan tubuh. Hal ini berdasarkan kajian ilmiah yang menunjukkan 80% sistem imun ada di saluran cerna yang dapat dipengaruhi oleh konsumsi probiotik.

Atas inovasi dan pengetahuan, probiotik menjadi sangat mudah dikonsumsi sebagai produk makanan. Di antara riset yang meningkat dari probiotik dan potensinya maka kemanan produk dan juga efek klaim serta iklan jadi aspek yang paling penting yang harus terus dipertimbangkan.

"Sehingga diperlukan aturan dan technical guide line seperti studi klinik dan saintifik literatur sebagai referensi dari keamanan dan komunikasi yang benar dan pengaruh positif dari produk probiotik ini," ujar Penny.

Baca juga: Teknologi Probiotik Jadi Terobosan Terkini untuk Produk Higienis

Setiap negara memiliki kebijakan dari produk probiotik tergantung dari persetujuan marketing. Di Amerika Serikat, probiotik bisa ada di bahan makanan, suplemen, atau obat tergantung dari fungsinya. Sementara di Eropa tidak menyetujui klaim apapun dari kesehatan mengenai probiotik kecuali klaim kesehatan saluran pencernaan.

Sementara di Indonesia, Badan POM sudah memiliki Peraturan Badan POM Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pedoman Penilaian Produk Suplemen Kesehatan Mengandung Probiotik untuk guide line probiotik. Saat ini sedang ditelaah bukti-bukti saintifik untuk aturan baru terkait probiotik agar ada otorisasi marketingnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT