07 June 2022, 16:40 WIB

Khasiat Daun Meniran untuk Menangkal Semua Gangguan Hati


Mediaindonesia.com |

LIVER atau hati memiliki banyak fungsi dalam tubuh, mulai dari membantu kinerja metabolisme, detoksifikasi, hingga
sebagai tempat penyimpanan untuk nutrisi esensial. Organ terbesar dalam tubuh tersebut secara terus-menerus juga berfungsi menyaring dan memurnikan darah. Hati juga menciptakan hormon dan enzim vital, memecah dan melestarikan sel darah yang lelah, dan mengontrol penyimpanan glukosa. Penting untuk mendetoksifikasi hati secara teratur untuk fungsi tubuh yang optimal.

"Organ ini bernama Yakrit dalam bahasa Sansekerta. Menurut Ayurveda, selain fungsi di atas, hati menjadi tempat tinggal entitas Pitta dan mengatur berfungsinya api pencernaan yang optimal atau Agni. Yakrit juga merupakan tempat pembentukan Rakta Dhatu atau elemen jaringan darah," kata Dr Archana Sukumaran, seorang Ayurveda Doctor (BAMS), yang terkenal di Kerala Ayurveda Ltd dikutip dari Hindustan Times pada Selasa (7/6).

Dr Archana mengatakan hati harus sering didetoksifikasi untuk meningkatkan efektivitasnya dalam menjaga keseimbangan tubuh. Meniran hijau (Phyllanthus niruri L) merupakan salah satu herbal yang disarankan untuk mengatasi semua gangguan hati. Tumbuhan mirip daun putri malu tersebut banyak ditemukan di daerah persawahan. 

Dikutip dari siaran pers Mustika Ratu pada Selasa, banyak penelitian yang mengatakan bahwa meniran dapat dipercaya dalam menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan saluran empedu serta berkhasiat dalam menurunkan jumlah virus hepatitis B dalam darah. Daun ini juga sebagai imunomodulator dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga: Orang Pandai Matematika Punya Pendapatan dan Kepuasan Hidup Tinggi

Namun, mengonsumsi daun ini perlu persetujuan dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan dan mendapatkan takaran yang tepat dalam mengonsumsinya. Daun meniran kini sudah diolah menjadi suplemen. PT Mustika Ratu Tbk saat ini sudah menginovasikannya dalam bentuk produk Herbamuno Plus. Sebagai suplemen herbal, satu kapsul Herbamuno Plus mengandung lima herbal asli Indonesia sekaligus, yakni meniran, sambiloto, jahe emprit, akar manis, dan daun jambu mete. 

Terlebih lagi kini ditemukan kasus penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak usia 1 bulan-16 tahun sejumlah negara, termasuk Indonesia. Gejala yang ditemukan seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. Penyakit ini juga menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan. Para orangtua perlu meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan dengan menggiatkan pola hidup sehat dan bersih. Biasakan anak untuk selalu cuci tangan setelah memegang atau melakukan aktivitas karena banyak virus dan bakteri yang menempel di telapak tangan.

Perlu sekali kita memperhatikan makanan yang dimakan anak-anak. Sebaiknya masak makanan hingga matang dan sebelumnya cuci bahan makanan hingga bersih. Alat makan yang digunakan juga tidak boleh bergantian dengan orang lain guna menghindari penularan penyakit. Selain itu, perlu mempersiapkan vitamin atau meminum suplemen yang berbahan herbal untuk menjaga daya tahan tubuh dan yang tidak menimbulkan efek samping bagi anak, seperti suplemen Herbamuno Plus.

Tiap tablet Herbamuno Plus memiliki manfaat utama menjaga imun tubuh agar tetap fit. Manfaat tambahan lain yakni meredakan gejala masuk angin seperti mual, badan meriang, pusing, perut kembung, serta meredakan batuk. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT